UTS Pengantar Bisnis (Febra HR_1171921013).docx - MID-TERM...

This preview shows page 1 - 4 out of 13 pages.

MID-TERM EXAMINATION PENGANTAR BISNIS Nama: Febra Hutama Ramadhani (1171921013) Ringkasan Telaah dan Jawaban Kasus Diajukan untuk memenuhi Ujian Tengah Semester mata kuliah Pengantar Bisnis Dosen pengampu: Muchsin S. Shihab 30 Oktober 2018 Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie 2018
1 A. Ringkasan telaah chapter tentang Global Context of Business , Employee Behavior and Motivation , dan Leadership and Decision Making dari buku wajib. Global Context of Business (Konteks Global dalam Bisnis) Globalisasi adalah proses di mana berbagai sistem ekonomi dan perdagangan negara-negara di dunia dengan cepat menjadi satu sistem yang sangat interdependen. Perdagangan dunia terdiri dari ekspor , di mana produk yang diproduksi di dalam negeri yang dijual di pasar luar negeri, dan impor , di mana produk asing yang dijual di pasar domestik. Mari kita telaah beberapa pasar utama dunia. Pertama, kita akan memeriksa perbedaan berdasarkan kekayaan . Perbedaan-perbedaan ini ditentukan oleh Bank Dunia dan didasarkan pada pendapatan per kapita, atau pendapatan rata-rata per orang pada setiap kelompok konsumen internasional. Negara-negara berpenghasilan tinggi adalah mereka yang pendapatan per kapitanya lebih besar dari $ 11,115 dolar per tahun. Negara-negara berpendapatan menengah atas adalah mereka yang pendapatan per kapitanya antara $ 3.595 dan $ 11.115 per tahun. Negara berpenghasilan menengah rendah adalah mereka yang pendapatan per kapitanya antara $ 905 dan $ 3.595 per tahun. Negara-negara berpenghasilan rendah, juga dikenal sebagai negara berkembang, adalah mereka yang pendapatan per kapitanya kurang dari $ 905 per tahun. Kedua, kita perlu memeriksa gugus geografis utama di mana negara-negara berpenghasilan menengah ke atas berada dan lebih sedikit negara berpenghasilan rendah atau berpenghasilan rendah berada. Ini termasuk Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Terdapat empat trade agreements dan treaties penting yang ada di dunia, yaitu: North American Free Trade Agreement (NAFTA) European Union (EU) Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) World Trade Organization (WTO) Neraca perdagangan adalah nilai ekonomi total dari semua produk yang diekspor suatu negara dikurangi nilai ekonomi dari semua produk yang diimpornya. Surplus terjadi ketika ada neraca perdagangan positif yang terjadi ketika suatu negara mengekspor lebih banyak daripada yang diimpor. Defisit terjadi ketika neraca negatif hasil perdagangan dari suatu negara yang mengimpor lebih banyak daripada yang diekspor.
2 Neraca pembayaran adalah aliran uang masuk atau keluar dari suatu negara. Uang yang dibayar oleh negara untuk impor dan penerimaan ekspor terdiri dari banyak neraca pembayarannya. Nilai tukar adalah kurs di mana mata uang suatu negara dapat ditukar dengan mata uang negara lain. Ada nilai tukar tetap dan mengambang. Kurs tetap ditetapkan untuk mencoba menstabilkan ekonomi dunia dan membuat nilai mata uang satu negara tetap konstan terhadap tingkat negara lain. Sedangkan kurs mengambang , berarti bahwa nilai mata uang negara mana pun mengapung terhadap nilainya di pasar.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture