DEFINISI PENDAPATAN.docx - BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang Pendapatan adalah arus masuk kotor dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal

DEFINISI PENDAPATAN.docx - BAB I PENDAHULUAN A Latar...

This preview shows page 1 - 4 out of 31 pages.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendapatan adalah arus masuk kotor dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal entitas selama suatu periode jika arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kotribusi penanam modal. Pendapatan diakui ketika besar kemungkinan bahwa manfaat ekonomi akan mengalir kedalam perusahaan dan nilai manfaat tersebut dapat diukur dengan andal. Beberapa jenis transaksi penjualan yang memiliki perbedaan saat pengakuan pendapatan barang yaitu penjualan Bill and Hold, penjualan barang dengan instalasi, penjualan dengan pembayaran dimuka, penjualan dengan retur, penjualan dengan perjanjian membeli kembali ( buyback Agreement ), penjualan menggunakan agen, penjualan barang konsinyasi. B. Rumusan Masalah 1. Apa yang dimaksud dengan pendapatan ? 2. Bagaimana mengetahui pengukuran dan pengakuan pendapatan ? 3. Apa saja jenis transaksi penjualan yang memiliki perbedaan saat pengakuan pendapatan barang ? 4. Apa yang dimaksud pendapatan jasa ? 5. Apa saja pendapatan yang timbul dari penggunaan aset dan menghasilkan bunga, royalti, atau dividen yang diakui ? 6. Bagaimana program loyalitas pelanggan ? 7. Apa saja yang terkait dengan pengungkapan dan kontrak konstruksi jangka panjang ? 8. Bagaimana analisis laporan keuangan ? C. Tujuan 1. Untuk mengetahui apa itu pendapatan 2. Untuk mengetahui tentang pengukuran dan pengakuan pendapatan 3. Untuk mengetahui jenis transaksi penjualan 4. Untuk mengetahui tentang pendapatan jasa 5. Untuk mengetahui tentang pendapatan bunga, royalti, dan dividen 6. Untuk mengetahui program loyalitas pelanggan 7. Untuk mengetahui tentang pengungkapan dan kotrak konstruksi jangka panjang 8. Untuk mengetahui analisis laporan keuangan 1
Image of page 1
BAB II PEMBAHASAN A. DEFINISI PENDAPATAN 2
Image of page 2
Di PSAK 23 (Revisi 2010) pendapatan adalah arus masuk kotor dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal entitas selama suatu periode jika arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kotribusi penanam modal. Terkadang muncul pertanyaan apa perbedaan penghasilan (income) dengan pendapatan (revenue) dan bagaimana hubungan antara pendapatan dan penghasilan ? Dalam Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan (KDP2LK) , penghasilan adalah kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan liabilitas yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal. Penghasilan terdiri dari pendapatan (revenue) dan keuntungan (gain) . Pendapatan adalah penghasilan yang berasal dari aktivitas normal dari suatu entitas dan merujuk kepada istilah yang berbeda-beda seperti penjualan (sales) , pendapatan jasa (fees) , bunga (interest) , dividen (dividend) , dan royalti (royalty) . Sedangkan keutungan mencerminkan pos lain yang memenuhi definisi penghasilan dan mungkin timbul atau mungkin tidak timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 31 pages?

  • Fall '13

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes