5-1 MATERI 4 Konsolidasi dg Nilai Akuisisi#Nilai Tercatat#Nilai Wajar.pptx - KONSOLIDASI DENGAN AKUISISI DIATAS NILAI TERCATAT EKUITAS KONSOLIDASI

5-1 MATERI 4 Konsolidasi dg Nilai Akuisisi#Nilai Tercatat#Nilai Wajar.pptx

This preview shows page 1 - 11 out of 40 pages.

KONSOLIDASI DENGAN AKUISISI DIATAS NILAI TERCATAT EKUITAS
Image of page 1
KONSOLIDASI DENGAN AKUISISI MELEBIHI NILAI TERCATAT EKUITAS Tujuan Pembelajaran: 1. Memahami tentang konsolidasi dengan akuisisi melebihi nilai tercatat 2. Memahami mengenai kepentingan non pengendali 3. Memiliki kemampuan untuk membuat kertas kerja konsolidasi 4. Memahami atas isu lainnya seputar konsolidasi anak perusahaan dengan akuisisi di atas nilai tercatat ekuitas baik menggunakan metode ekuitas dan metode biaya/nilai wajar
Image of page 2
Image of page 3
Image of page 4
KARAKTERISTIK KONSOLIDASI DENGAN AKUSISI MELEBIHI NILAI TERCATAT Prosedur Konsolidasi Pada praktiknya, transaksi akuisisi suatu perusahaan oleh perusahaan lain sebesar nilai buku sangatlah jarang dilakukan . Perusahaan pengakuisisi (investor) biasanya akan melakukan uji kelayakan (due diligence) atas bisnis yang akan diakuisisi. Hasil akurat dari uji kelayakan tersebut dapat menunjukkan apakah bisnis yang akan diakuisisi memiliki nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai bukunya. Berbagai faktor dapat mempengaruhi proses penilaian kelayakan bisnis saat proses kombinasi bisnis. Faktor-faktor tersebut antara lain prospek bisnis perusahaan yang akan diakuisisi terutama dalam menciptakan penghasilan tambahan bagi perusahaan pengakuisisi, kondisi industri secara umum, nilai strategi bisnis , kualitas manajemen , dan tentunya nilai wajar dari asset maupun liabilitas yang dilaporkan oleh perusahaan yang akan diakuisisi.
Image of page 5
Proses pembuatan laporan keuangan konsolidasian atas akuisisi yang dilakukan di atas nilai buku tidak memiliki perbedaan signifikan dibandingkan akuisisi pada nilai buku. Sebagai contoh, pada kasus akuisisi PT Andalas oleh PT Nusantara. Anggaplah dalam pengakuisisian tertanggal 1 Januari 2015, PT Nusantara mengeluarkan investasi senilai Rp1.500.000.000 untuk keseluruhan kepemilikan pada PT Andalas. Nilai investasinya Rp1.500.000.000 merupakan nilai wajar konsiderasian (fair value consideration) hasil penilaian yang dilakukan oleh PT Nusantara atas berbagai factor yang terkait dengan PT Andalas.
Image of page 6
Image of page 7
Image of page 8
Diferensial Berdasarkan PSAK 22 (REvisi 2010), diferensial harus dialokasikan pada aset teridentifikasi yang diperoleh dan/atau liabilitas yang diambil alih yang dianggap menyebabkan nilai wajar dari entitas anak yang dikonsolidasikan melebihi nilai bukunya atau dialihkasikan sebagai goodwill. Sebagai panduan, Gambar 4.1 memberikan ilustrasi penentuan diferensial dalam aktivitas akuisisi sebuah entitas usaha.
Image of page 9
ASET TERIDENTIFIKASI DAN LIABILITAS DIAMBIL ALIH Aset teridentifikasi yang diperoleh dan liabilitas yang diambil alih secara mudah disebabkan adanya perbedaan nilai tercatat (nilai buku) dengan nilai wajar dari aset atau liabilitas tersebut.
Image of page 10
Image of page 11

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 40 pages?

  • Winter '18
  • Fitri Merawati, S.Pd., M.A

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes