uts della PRODUCT LIFE CYCLE.docx - PRODUCT LIFE CYCLE...

This preview shows page 1 - 3 out of 9 pages.

PRODUCT LIFE CYCLE Siklus hidup produk (product life cycle) adalah suatu konsepsi yang menjelaskan tentang berbagai tahapan pengembangan produk baru mulai dari awal hingga akhir. Siklus kehidupan produk dapat dibagi ke dalam empat tahap utama: (1) start up, (2) growth, (3) mature, (4) decline. Dalam kaitannya dengan penjualan produk, perbedaan tahap dalam siklus juga berarti ada perbedaan dalam orientasi pencapaian target penjualan produk perusahaan. Pada umumnya target penjualan rendah pada tahap perkenalan, kemudian meningkat pada tahap kedewasaan dan pada akhirnya menurun. Kaitan antara target penjualan dan tingkat keuntungan optimal suatu industri dalam berbagai tahap siklus kehidupan produk disajikan pada gambar dibawah berikut. 1. START UP Perusahaan Blockbuster pertama kali dibuka tahun 1985 adalah perusahaan penyedia layanan persewaan film dan video game di Amerika. Bisnis ini diawali melalui toko-toko penyewaan video yang dimiliki dan diwaralabakan, kemudian membangun gudang yang bisa menghandle proses supply chain management untuk beberapa toko dalam sehari. Kunci keberhasilan awal Blockbuster adalah kemampuan mereka untuk menyesuaikan toko-toko dengan lingkungan, selain menyediakan film-film populer yang baru rilis juga disesuaikan dengan letak 9
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

demografis dan masyarakat setempat, serta koleksi yang cukup besar berdasarkan judul katalog. Blockbuster vs Nintendo Pada tahun 1987, perusahaan memenangkan kasus pengadilan terhadap Nintendo of America Inc, yang membuka jalan untuk sewa video game. Melk dan Huizenga Scott Beck dari Dallas mendekati John Melk, eksekutif sebelumnya dengan Waste Management, membeli waralaba. Melk membawa ide untuk temannya dan rekan bisnis, Wayne Huizenga yang setuju untuk membeli perusahaan tersebut setelah mengatasi kekhawatiran awal tentang industri video. Huizenga dan Melk menggunakan teknik yang sama dalam menumbuhkan Waste Management, dan segera, mereka membuka toko setiap 24 jam. Mereka juga membeli setiap waralaba Blockbuster yang mereka bisa mendapatkan. 2. GROWTH Blockbuster melengkapi setiap toko penyewaan videonya dengan piranti lunak yang telah dimodifikasi yang dirancang untuk menyederhanakan sebuah pemindai kode barang laser untuk membaca data dari barang yang disewakan atau dijual dan dari kartu identirfikasi pelanggan Blockbuster. data ini dikirim ke pusat komputer perusahaan Blockbuster, manajemen menggunakan data ini untuk mengawasi penjualan dan menganalisis demografi, dan pola penyewaan dan penjualan untuk setiap toko untuk meningkatkan keputusan pemasarannya. Akuisisi pertama Pada tahun 1990 Blockbuster membeli mid-Atlantic yang memiliki lebih dari 250 toko. Pada tahun 1992, Blockbuster memperoleh suara Gudang dan Musik ditambah jaringan ritel musik dan menciptakan Blockbuster Music.
Image of page 2
Image of page 3
You've reached the end of this preview.
  • Spring '17
  • yayaya

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern