Pengolahan Data.docx - A Pengolahan Data Pengolahan Data...

This preview shows page 1 - 3 out of 16 pages.

A. Pengolahan Data Pengolahan Data merupakan jenis pengolahan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pengolahan data terdiri dari kegitan mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan system informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. Dalam pengolahan data terdapat berbagai tahapan dan bentuk pengolahan, sebagai berikut: a. Tahap pengolahan data 1. Pencatatan (recording) Tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar atau formulir. 2. Klasifiksi (classifiying) Tahap ini memberikan identitas atau pengklasifikasian dalam data yang akan diolah, apakah identifikasi tersebut dilakukan untuk satu kelompok atau beberapa kelompok dari data yang nantinya merupakan karakteristik dari data yang bersangkutan. 3. Penyusutan (sorting) Tahap penyusunan sedemikian rupa misalnya mengurutkan menurut kode klasifikasi. 4. Perhitungan (calculating) Tahap manipulasi data seperti pelaksanaan perhitungan-perhitungan atau disebut kalkulasi. 5. Penyusunan Laporan (summarizing) Tahap penyimpulan atau pembuatan rekapitulasi laporan sesuai dengan keinginan pemakai informasi. 6. Penyimpanan (Storing) Melakukan Storing atau penyimpanan data dan informasi yang sejenis ke dalam file untuk referensi di masa yang akan dating perlu dilakukan. Media penyimpanannya ada beberapa macam, disesuaikan dengan metode dan peralatan yang dipakai dalam system pengolahan data, seperti disk, kartu, dan dokumen. 7. Pencarian (retrieving) Pencarian data atau retrieving biasa digunakan dengan cara penyimpanannya, terutama jika pengolahan datanya menggunakan computer. 8. Komunikasi (Communicating) 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Dalam proses olah data menjadi informasi, sampai informasi tersebut dipakai oleh user. Diperlukan suatu komunikasi sehingga mempermudah proses pengolahan data menjadi informasi. 9. Penggandaan (reproducing) Penggandaan data ini dilakukan untuk menghindari data hilang atau rusak, juga untuk keperluan perusahaan bisa dilakukan dengan menggunakan mesin fotocopy, disk, dan magnetic tape. b. Bentuk pengolahan data Pengolahan data merupakan segala macam bentuk pengolahan terhadap data untuk membuat data itu berguna sesuai data yang diinginkan sehingga dapat segera dipakai. 1. Pengolahan secara aritmetika 2. Pengolahan secara statistika 3. Pengolahan data dengan pengurutan, pengelompokan, pemilahan, dan pengabai data yang tidak diperlukan. c. Pengolahan data / informasi pada tingkatan organisasi Kegiatan manajemen atas (Top management) , manajemen tengah (middle management), dan manajemen rendah (low management) dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis pengolahan data sebagai berikut. 1. Tingkat manajemen Data yang dikelola adalah yang bersifat nahan jadi bagi pengambilan keputusan sang pemimpin organisasi. Data matang ini dapat diperoleh dari informasi yang sudah disaksikan oleh tingkat operasional, seperti laporan penjualan tahunan, laporan keuangan, laporan kerja divisi, dan sebagainya.
Image of page 2
Image of page 3
  • Summer '18
  • Gita Pradhnya

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern