bab 3.docx - BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Jika...

This preview shows page 1 - 4 out of 21 pages.

BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Jika berbicara mengenai masalah kehidupan pasti menyangkut kesejahteraan manusia di dunia. Bukan hanya hal dari segi biologis saja, tetapi juga menyangkut kehidupan sosial di masyarakat. Dalam konteks kesejahteraan tidak lepas pengaruhnya dari segi ekonomi. Ekonomi memang sangat penting untuk di pelajari dan di terapkan ilmunya sebagai salah satu cara mensejahterakan masyarakat di dunia. Dalam hal ekonomi, Akuntansi adalah cara serta seni yang digunakan untuk mempermudah dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Akuntansi juga dapat diterjemahkan sebagai cara atau metode yang digunakan untuk menyelenggarakan pencatatan-pencatatan mengenai transaksi keuangan sehingga menghasilkan informasi yang relevan untuk pengambilan suatu keputusan. Pada proses akuntansi, pengidentifikasian peristiwa-peristiwa ekonomi dilakukan terlebih dahulu. Setelah teridentifikasi, peristiwa-peristiwa ekonomi tersebut kemudian dicatat untuk menjadi alur aktivitas keuangan perusahaan. Pencatatan terdiri atas pembuatan jurnal peristiwa-peristiwa secara sistematis dan kronologis. Di dalam pencatatan, peristiwa-peristiwa ekonomi juga akan diklarifikasikan dan dibuat ikhtisarnya. 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

1.2 RUMUSAN MASALAH 1. Apa pengertian akun ? 2. Bagaimana aturan debit-kredit dan saldo normal akun ? 3. Bagaimana konsep double-entry accounting? 4. Bagaimana Klasifikasi akun ? 5. Bagaimana Bagan Akun ? 6. Bagaimana pencatatan transaksi keuangna dengan akun ? 1.3 TUJUAN PENULISAN 1. Untuk memahami proses transaksi keuangan 2. Untuk memahami langkah-langkah dalam proses pencatatan (Akuntansi) 1.4 MANFAAT PENULISAN Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Sebagai kontribusi informasi bagi masyarakat tentang Akun dan Proses Pencatatan Transaksi Keuangan. 2. Sebagai ajang untuk penulis menambah wawasan mengenai materi pokok pembahasan pengantar akuntansi I 2
Image of page 2
BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pengertian Akun Akun adalah suatu sarana untuk mencatat transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aset, kewajiban, modal, pendapatan, dan beban. Tujuan pemakaian akun adalah untuk mencatat data yang akan menjadi dasar penyusunan laporan-laporan keuangan. Selain itu akun juga memberikan informasi tentang operasi-operasi perusahaan dari hari ke hari. Informasi yang terperinci dari tiap-tiap laporan keuangan ada di dalam akun. Sebagai contoh, misalnya dari akun dapat diketahui jumlah piutang perusahaan kepada para debitur, jumlah kewajiban perusahaan kepada para kreditur, harga beli asset yang dibeli perusahaan. Dengan menggunakan akun, maka transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan dapat dicatat secara tepat dan lengkap. Bentuk Akun Secara umum akun berupa tabel yang berisi dua kolom. Kolom kiri disebut debet, sedangkan kolom kanan disebut kredit. Terdapat tiga bentuk akun, yaitu akun T, akun dua kolom, dan akun empat kolom.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
  • Summer '16
  • mankiw

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern