tpo_1.ppt - PERILAKU ORGANISASI PENDAHULUAN LATAR BELAKANG DR ENOS PASELLE M AP BUKU REFERENSI \u2022 \u2022 \u2022 \u2022 \u2022 \u2022 \u2022 \u2022 Robbins Stephen P

tpo_1.ppt - PERILAKU ORGANISASI PENDAHULUAN LATAR BELAKANG...

This preview shows page 1 - 12 out of 45 pages.

PERILAKU ORGANISASIDR. ENOS PASELLE, M. APPENDAHULUAN &LATAR BELAKANG
Background image
BUKU REFERENSIRobbins, Stephen P., “Organizational Behavior”, 12thedition, Prentice Hall International, 2008Thoha, Miftah, 1994, Perilaku Organisasi: Konsep dan Aplikasinya, Rajawali, Jakarta Gibson, Cevizh and Donelly. 1991. Organiation Behavior. Luthans, Fred,2006, Organizational Bahavior, Edisi Bahasa Indonesia, Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh, Penerbit Andi, Yogyakarta.Muchlas, Makmuri, 2012. Perilaku Organisasi. Gadjah Mada University Press, Yogjakarta.Robbin, Stephen P. (1994). Teori Organisasi: Stuktur, Desain, & Aplikasi. Matteson, Ivancevich, “Organizational Behavior and Management”, 6thedition, McGraw-Hill Irwin, 2002Robbins, Stephen P & Timothy A. Judge., “Organizational Behavior”, 16thedition, Salemba Empat, 2015.
Background image
Tujuan Mempelajari Perilaku Organisasi Memahami perilaku (individu, kelompok, sistem organisasi) dalam organisasiMeramalkan kejadian-kejadian dalam organisasiMengendalikan perilaku (efektifitas organisasi)Memberikan data/informasi untuk perubahan dan pengembangan organisasi.
Background image
TINGKATAN ANALISIS POTINGKATAN ANALISIS POFaktor LingkunganFaktor LingkunganIndividuKelompokSistem Organisasi
Background image
HAKEKATPERILAKU ORGANISASIPada hakekatnya Perilaku Organisasi di-”dasar” kan pada ilmu perilaku itu sendiri yang dikembangkan dengan pusat perhatiannya pada tingkah laku manusia dalam suatu organisasi
Background image
KERANGKA DASAR PERILAKU ORGANISASIDidukung minimal oleh 2 komponen :1.Individu-individu yang berperilaku2.Organisasi formal atau informal sebagai wadah dari perilaku itu
Background image
ELEMEN INDIVIDUAFEKTIFKOGNITIFPSIKOMOTORIKPO
Background image
DIMENSI POKOK DALAM ORGANISASI1.Dimensi Teknis : kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan atau ketrampilan khusus2.Dimensi Konsep : kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi yg kompleks3.Dimensi Manusia : kemampuan untuk bekerja dengan, memahami, dan memotivasi orang lain, baik dalam individu maupun kelompok.
Background image
ORGANISASI BERDASARKAN PIHAK YANG MEMAKAI MANFAATMutual benefit organization, yaitu organisasi yang manfaatnya diutamakan untuk dinikmati para anggotanya sendiri.Service organization, yaitu organisasi yang manfaatnya diutamakan untuk dinikmati oleh publik.Business organization, yaitu organisasi yang sasaran utamanya mencapai laba.Commonwealth organization, yaitu organisasi yang manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat umum/sosial.
Background image
BATASAN/DEFINISI PERILAKU ORGANISASI (PO)Robbins): “PO adalah bidang studi yang menyelidiki pengaruhyang ditimbulkan oleh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku manusia di dalam organisasi, dengan tujuan menerapkan pengetahuanyang dapat meningkatkan efektifitas organisasiLuthans): “Perilaku organisasi dapat didefinisikan sebagai pemahaman, prediksi, dan manajemenperilaku manusia dalam organisasi.
Background image
W.Jack Duncan): “ PO suatu study yg menyangkut aspek-aspek tingkah laku mc dlm suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu”.
Background image
Image of page 12

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 45 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture