Makalah UMKM.docx - ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum Standar Akuntansi Keuangan Entittas Tanpa Akuntabilitas

Makalah UMKM.docx - ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan...

This preview shows page 1 - 4 out of 11 pages.

ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum Standar Akuntansi Keuangan Entittas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) serta perbedaan antara SAK ETAP dengan PSAK. Makalah ini berisi empat bagian besar yaitu: Gambaran Umum SAK ETAP (Bagian I), Penyajian Laporan Keuangan SAK ETAP (Bagian II), Penyajian Laporan Keuangan SAK ETAP: Neraca, serta Perbedaan SAK ETAP dengan PSAK (Bagian IV). Pembahasan penyajian laporan keuangan SAK ETAP: neraca/laporan posisi keuangan (Bagian III) sebagai salah satu pembahasan dari lima laporan keuangan yang tersedia. Isi didalam makalah ini sama seperti power point yang akan dipresentasikan oleh kelompok kami. Kata kunci: SAK ETAP, Penyajian Laporan Keuangan, Usaha Mikro Kecil Menengah, Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.
Image of page 1
PENDAHULUAN 2.1 Latar Belakang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu pondasi dari berdirinya perekonomisan suatu negara ataupun daerah, tidak terkecuali di Indonesia. UMKM memiliki kontribusi yang sangat signifikan dalam penyerapan tenaga kerja, pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB). Namun dalam kenyataannya selama ini UMKM kurang mendapatkan perhatian dari pihak regulator (pemerintah). Salah satu bentuk dari kurangnya perhatian yaitu pengusaha UMKM ini umumnya mengalami kesulitan terhadap akses ke perbankan, karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi seperti laporan keuangan dan persyaratan-persyaratan administrasi lainya. Laporan keuangan menjadi kendala bagi UMKM disebabkan sulitnya melakukan pengelolaan keuangan. Salah satu bentuk dari pengelolaan keuangan adalah pembukuan. Pada pembukuan inilah UMKM cenderung mengabaikan standar yang berlaku karena PSAK yang berlaku dirasakan tidak aplikatif pada kegiatan usaha UMKM. Oleh karena itu, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), menyiapkan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) yang dapat digunakan juga bagi UMKM dan dinamakan dengan SAK-ETAP (Entitas Tanpa Akuntanbilitas Publik). Ikatan Akuntan Indonesia pada tanggal 19 Mei 2009 lalu telah mensahkan Standar Akuntansi Keuangan ETAP (SAK-ETAP). Diharapkan dengan disahkannya SAK ETAP ini, perusahaan kecil maupun UMKM tidak perlu membuat laporan keuangan dengan menggunakan PSAK umum yang berlaku tetapi patuh untuk membuat laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Karena di dalam beberapa hal, SAK-ETAP memberikan banyak kemudahan untuk perusahaan dibandingkan dengan PSAK dengan ketentuan pelaporan yang lebih kompleks. Perbedaan secara kasat mata dapat dilihat dari ketebalan SAK-ETAP yang hanya menyajikan 30 bab.
Image of page 2
2.2 Rumusan Masalah Penulisan makalah ini memberikan rumusan masalah atas latar belakang yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut rumusan masalah yang dibentuk: 1. Apa yang menjadi gambaran umum SAK ETAP? 2. Bagaimana penyajian laporan keuangan SAK ETAP?
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Spring '17
  • Bu Rini

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture