Pertanyaan dan Jawaban Kelompok 2 spm.docx - Kelompok 2 Niken Eristika P Firdausi Nuzula G Nurmalita Isfanza Cyndi Mayra Syifaa Yulius Bagas K N

Pertanyaan dan Jawaban Kelompok 2 spm.docx - Kelompok 2...

This preview shows page 1 - 3 out of 6 pages.

Kelompok 2: Niken Eristika P. C1C016037 Firdausi Nuzula G. C1C016072 Nurmalita Isfanza C1C016115 Cyndi Mayra Syifaa C1C016119 Yulius Bagas K. N. C1C016121 SOAL DAN JAWABAN KELOMPOK 2 1. Apa tahapan yang harus dilakukan dalam menyusun perencanaan strategis ? 2. Mengapa penting untuk mengetahui karakteristik perencanaan strategi ? 3. Apa saja manfaat dari penilaian kinerja pada analisis laporan kinerja ? 4. Jelaskan tahap-tahap penyusunan anggaran (proses penyusunan anggaran) ? 5. Sebut dan jelaskan perspektif yang terdapat pada penilaian kinerja dengan menggunakan Balance scorecard ! Serta sebutkan contoh hal-hal apa yang menjadi tolok ukur pada setiap perpektif tersebut ! 6. Apakah insentif keuangan adalah insentif yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja manajer ? 7. Apakah penilaian kinerja manajemen yang lazim digunakan dalam industri manufaktur dapat juga digunakan dalam organisasi nirlaba ? 8. Apa saja kesulitan yang dihadapi dalam merencanakan dan melaksanakan sebuah proyek ? Dan bagaimana cara mengatasi kesulitan tersebut ? Jawaban: 1 Tahapan dalam menyusun perencanaan strategos adalah: a. Meninjau dan memperbaharui rencana strategis Peninjauan dan pembaharuan rencana strategis tahun terakhir digunakan untuk menentukan apakah rencana strategis masih cocok dengan lingkungan yang bersifat dinamis ataukah perlu diganti dengan yang baru. b. Memutuskan asumsi dan pedoman Kegiatan ini berupa pertemuan antara para manajer korporasi dan unit bisnis untuk mendiskusikan usulan tujuan, asumsi dan pedoman kebijakan yang akan digunakan untuk menyusun program baru. c. Iterasi pertama dari rencana strategis Didasarkan pada asumsi, tujuan dan pedoman kebijakan yang telah ditentukan pada tahap sebelumnya. Anggota dari staf kantor pusat sering mengunjungi unit bisnis selama proses ini dengan tujuan untuk mengklarifikasi program dan membantu dalam proses perencanaan. Interasi ini menghasilkan usulan rencana strategis baru yang lengkap.
Image of page 1
d. Analisis Analisis terhadap hasil usulan tahap sebelumnya dilakukan untuk mendeteksi slak dan ketidak konsistenan rencana strategis antar unit bisnis. e. Iterasi kedua dari rencana strategis Staf perencana korporasi merevisi usulan rencana strategis dari unit-unit bisnis dan asumsi, tujuan, pedoman kebijakan yang tidak cocok dengan lingkungan sehingga dapat disusun yang baru. f. Tinjauan dan persetujuan akhir Pada akhirnya, usulan-usulan perencanaan strategis yang telah direvisi melalui iterasi perlu ditinjau melalui rapat para pejabat senior korporasi beserta dewan komisaris. Setelah itu, dilakukan pengesahan final manajemen puncak korporasi. Pengesahan final seharusnya dilakukan sebelum awal proses penyusunan anggaran dimulai karena rencana strategis mendasari penyusunan anggaran. 2 Karena perencaan strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program selama beberapa tahun kedepan( jangka panjang ).
Image of page 2
Image of page 3

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture