PENGAMEN 3.pptx - MENGELOLA LINGKUNGAN GLOBAL BAB 4 Nama...

This preview shows page 1 - 6 out of 21 pages.

MENGELOLA LINGKUNGAN GLOBAL MENGELOLA LINGKUNGAN GLOBAL BAB 4 Nama Anggota Kelompok 16: 1. Muhammad Indra Wijaya 041811233056 2. Kharisma Allaam Dwinastya 041811233070 3. Abdullah 041811233071 4. Akmal 041811233078 5. Fakhruddin Husna 041811233088
DUNIA YANG TIDAK MENGENAL BATAS Bisnis telah menjadi suatu bidang terpadu dan global seiring makin cepat dan murahnya komunkasi, dna makin beragamnya selea konsumen, mulai dari pakaian hingga jaringan telepon seluler. Dewasa ini perusahaan-perusahaan kecl pun dapat memindahkan berbagai elemen organisasi ke lokasi mana pun yang paling menguntungkan. Komunikasi virtual memungkinkan dilakukannya koordinasi dari satu negara ke negara yang berbeda. Di dunia yang tidak mengenal batas, para pelanggan tidak lagi bisa membedakan dari negara mana mereka membeli berbagai produk. Misalkan Ford Motor Company yang bermarkas di Amerika Serikat memiliki Volvo di Swedia. Bagi manajer yang berpikir global, dunia ini merupakan sumber ide-ide, sumber daya, informasi, tenaga kerjda, dan pelanggan. Pemindahan dapat dilakukan oleh manajer ke kancah internasional di berbagai tingkat.
1. Pada tahap domestik, potensi pasar hanya terbatas di negara asal, dengan seluruh fasilitas produksi dan pemasaran berlokasi di negara asal. 2. Pada tahap intrenasionali, ekspor meningkat, dan perusahaan biasanya mengadopsi pendekatan multidomestik, artinya setiap persaingan di tiap negara ditangani secara independen. Perusahaan biasanya memanfaatkan divisi internasional untuk menangani pemasaran produk di beberapa negara secara independen. 3. Pada tahap multinasional, perusahaan memiliki fasilitas pemasaran dan produksi di benayak negar, dnegan lebih dari sepertiga penjualannya berasal dari luar negeri. Pendekatan yang diadopsi adalah globalisasi, yang artinya keseragaman produk yang dipasarkan ke banyak negara. 4. Pada tahap global, atau tanpa negara dari pembangunan perusahaan internasional melampaui batas-batas suatu negara. Padatahap ini ke[emilikan , kendali, dan manajemen puncak cenderung tersebar di beberapa negara.
MEMULAI BEKERJA SECARA INTERNASIONAL Ekspor Perusahaan tetap mempertahankanfasilitas produksinya di dalam negeri dan menjual produknya ke luar negeri. Namun kendala dari ekspor sendiri adalah kendala jarak, peraturan pemerintah, mata uang asing, dan perbedaan budaya. Bentuk ekspor ke negara-negara miskin adalah countertrade atau barter produk dengan produk bukan dengan mata uang. Outsourcing Dikenal dengan istilah offshoring , yang artinya melakukan pembagian tenaga kerja secara internasional sehingga bisameminimalkan pengeluaran produksi karena dilakukan di negara-negara dengan sumber tenaga kerja dan pasukan termurah. Lisensi Lewat lisensi perusahaan (pelisensi) di suatu negara memeastikan ketersediaan sumber daya bagi perusahaan (terlisensi) di negara lain. Sumberdaya mencangkup teknologi, keahlian manajerial, dan atau hak paten dan merek dagang.
Investasi Langsung Berarti bahwa perusahaan terlibat dalam mengelola aste-asetproduktif, dan membedakannya dengan strategi lain yang hanya memungkinkan kontrol yang lemah.jeni investasi langsung yang paling populer adalah aliansi strategis dan komitmen.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture