bab-11-pengamanan.doc - 207 PENGAMANAN DAN PENGENDALIAN...

This preview shows page 1 - 3 out of 18 pages.

207 PENGAMANAN DAN PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI etiap organisasi atau perusahaan memiliki kebutuhan untuk menjaga agar sumber daya informasi mereka aman. Masalah keamanan ini merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Namun seringkali masalah keamanan ini kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sistem informasi. Bahkan masalah keamana berada di urutan kedua, bahkan di urutan terakhir dalam daftar hal-hal yang dianggap penting. S Pentingnya nilai sebuah informasi menyebabkan seringkali informasi yang diinginkan hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. Jatuhnya informasi ke tangan pihak lain (misalnya pihak lawan bisnis) dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi. Untuk itu keamanan dari sistem informasi yang digunakan harus terjamin dalam batas yang dapat diterima. Keamanan sumber daya informasi ditujukan untuk mendapatkan kerahasiaan, ketersediaan, serta integitas pada semua sumber daya informasi perusahaan. Tujuan Pembelajaran Setelah menyelesaikan bab ini, pembaca diharapkan dapat : 1. Memahami beberapa ancaman dan gangguan yang mungkin terjadi dan berpengaruh terhadap sistem informasi. 2. Menjelaskan upaya pencegahan atau meminimalkan dampak dari bencana yang mungkin menimpa hardware , software, jaringan teknologi informasi. 3. Menjelaskan Pengendalian sistem informasi yang terbagi atas pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. 4. Memahami risiko-risiko penyalahgunaan teknologi informasi yang berpotensi mengganggu keamanan informasi. 5. Memahami pengendalian masukan dalam upaya menjamin bahwa transaksi - transaksi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem adalah sah, akurat, dan lengkap. BAB 11 BAB 11
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

208 Dalam hal kerahasiaan, perusahaan berusaha melindungi data dan informasinya dari pengungkapan kepada orang yang tidak berwenang. Dalam hal ketersediaan, perusahaan berusaha menyediakan data dan informasi bagi pihak-pihak yang memiliki wewenang untuk menggunakannya. Dalam hal integritas, perusahaan harus menjamin bahwa semua sistem informasi memberikan representasi akurat atas sistem fisik yang direpresentasikannya. Pengelolaan keamanan informasi terdiri dari manajamen keamanan informasi ( information Security Management ) dan persiapan operasional jika terjadi suatu bencana atau yang biasa disebut manajemen keberlangsungan bisnis ( business continuity management ) 1. Aspek Keamanan Sistem Informasi Penggunaan sistem informasi di dalam organisasi atau perusahaan bukannya tanpa risiko. Penggunaan atau akses yang tidak sah, perangkat lunak yang tidak berfungsi, kerusakan pada perangkat keras, gangguan dalam komunikasi, bencana alam, dan kesalahan yang dilakukan oleh petugas merupakan beberapa contoh betapa rentannya sistem informasi menghadapi berbagai risiko dan potensi risiko yang kemungkinan timbul dari penggunaan sistem informasi yang ada. Beberapa hal yang menjadi tantangan manajemen menghadapi berbagai risiko dalam penggunaan sistem informasi yaitu: a. Bagaimana merancang sistem yang tidak mengakibatkan terjadinya pengendalian yang berlebih (
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19
  • Professor

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern