jbptunikompp-gdl-franciscax-37524-3-unikom_f-i - BAB II KAJIAN PUSTAKA KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS 2.1 Kajian Pustaka 2.1.1 Profitabilitas

jbptunikompp-gdl-franciscax-37524-3-unikom_f-i - BAB II...

This preview shows page 1 - 4 out of 15 pages.

10 BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS 2.1 Kajian Pustaka 2.1.1 Profitabilitas 2.1.1.1 Pengertian Profitabilitas Menurut Irham Fahmi (2013:239), pengertian profitabilitas adalah sebagai berikut: “Profitabilitas adalah rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan untuk mampu menghasilkan keuntungan (profit). Semakin baik rasio profitabilitas maka semakin baik menggambarkan kemampuan tingginya perolehan keuntungan perusahaan”.Sedangkan menurut Kasmir (2012:196), pengertian profitabilitas adalah sebagai berikut: “Profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan”.Selanjutnya menurut Toto Prihadi (2012:258), pengertian profitabilitas adalah sebagai berikut: “Profitabilitas adalah kemampuan menghasilkan laba. Dalam analisis rasio, kemampuan menghasilkan laba dapat dikaitkan dengan penjualan, aset atau modal”.Berdasarkan beberapa pengertian dari profitabilitas yang telah diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan (laba).
11 2.1.1.2 Jenis-jenis Profitabilitas Menurut Kasmir (2014:199), terdapat beberapa jenis profitabilitas antara lain: 1.Profit Margin (profit margin on sales)2.Return on Investment (ROI) 3.Return on Asset (ROA) 4.Return on Equity(ROE) 5.Price Earning Ratio”.Secara umum ada empat jenis profitabilitas menurut Irham Fahmi (2013:240), yaitu sebagai berikut: 1.Gross Profit Margin, merupakan marginlaba kotor. 2.Net Profit Margin, merupakan rasio pendapatan terhadap penjualan. 3.Return On Investment, merupakan pengembalian investasi. 4.Return On Equity, merupakan laba atas equity”.Salah satu jenis profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return On Equity(ROE). 2.1.1.3 Pengertian Return on Equity (ROE) Menurut Irham Fahmi (2013:241), pengertian Return On Equity(ROE) adalah sebagai berikut: Return On Equity(ROE) disebut juga dengan laba atas equity. Rasio ini mengkaji sejauh mana perusahaan mempergunakan sumber daya yang dimiliki untuk mampu memberikan laba atas ekuitas”.Sedangkan menurut Kasmir (2012:204), pengertian Return On Equityadalah sebagai berikut: “Hasil pengembalian ekuitas atau return on equityatau rentabilitas modal sendiri merupakan rasio untuk mengukur laba bersih sesudah pajak dengan modal sendiri”.
12 Selanjutnya menurut Toto Prihadi (2012:261), pengertian Return On Equity adalah sebagai berikut: Return On Equityyaitu untuk mengetahui sampai berapa jauh hasil yang diperoleh dari penanaman modalnya”.Berdasarkan beberapa pengertian dari Return On Equityyang telah diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Return On Equity(ROE) merupakan perolehan laba atas modal (ekuitas) yang telah diinvestasikan pada perusahaan. 2.1.1.4 Pengukuran Return on Equity(ROE) Adapun rumus untuk menghitung Return On Equitymenurut Irham Fahmi (2013:242) adalah sebagai berikut: Return On Equity = 𝐸𝑎??𝑖?? ????? ?𝑎? (𝐸??)?ℎ𝑎??ℎ?????? 𝐸??𝑖??

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture