Isi Laporan 4.doc - 1 BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang...

This preview shows page 1 - 4 out of 17 pages.

1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami.Bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktifitas fisik, dimana akan lebih tinggi pada saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika berisitirahat. Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda, paling tinggi waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur di malam hari. Tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia.Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut - 120 /80 mmHg.Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole.Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat Anda istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring. Setiap orang memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang berrvariasi secara alami. Bayi dan orang dewasa akan memiliki tekanan darah dan denyut nadi yang berbeda. Selain itu, massa tubuh seseorang dan aktivitas yang dilakukan juga dapat mempengaruhi nilai tekanan darah dan denyut nadi. Untuk memahami lebih dalam tentang pengaruh massa tubuh dan jenis aktivitas yang dilakukan terhadap tekanan darah dan denyut naadi maka dapat dilakukan praktikum mengukur tekanan darah dan denyut nadi. B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana pengaruh massa terhadap denyut jantung dan tekanan darah seseorang? 2. Bagaimana pengaruh jenis aktivitas terhadap denyut jantung dan tekanan darah seseorang?
Image of page 1
2 3. Tujuan 1. Mengetahui pengaruh massa terhadap denyut jantung dan tekanan darah seseorang? 2. Mengetahui pengaruh jenis aktivitas terhadap denyut jantung dan tekanan darah seseorang?
Image of page 2
3 BAB II KAJIAN TEORI A. Tekanan Darah Tekanan darah adalah tekanan yang ditimbulkan pada dinding arteri. Tekanan puncak terjadi saat ventrikel berkontraksi dan disebut tekanan sistolik. Tekanan diastolik adalah tekanan terendah yang terjadi saat jantung beristirahat.Tekanan darah biasanya digambarkan sebagai rasio tekanan sistolik terhadap tekanan diastolik, dengan nilai dewasa normalnya berkisar dari 100/60 sampai 140/90. Rata-rata tekanan darah normal biasanya 120/80 (Smeltzer m Bare, 2001). Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut 120/mmHg. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole. Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring. Satuan tekanan darah adalah millimeter hydragyrum (Hg) atau air raksa dan biasa disingkat dengan mmHg. Tekanan darah diatas dapat dibaca 120 per 80 milimeter air raksa (Hg).
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 17 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes