diskusi 5.docx - Yang terhormat Tutor dan rekan-rekan...

This preview shows page 1 - 3 out of 5 pages.

Yang terhormat Tutor dan rekan-rekan sekalian Berikut tanggapan saya pada diskusi 4 ini, Teori kepemimpinan seolah-olah menjadi kajian yang tidak pernah habisnya untuk didiskusikan. Berbagai macam teori silih berganti, mulai dari teori sifat hingga sampai teori kontemporer, hadir diberbagai disiplin ilmu. Bukan hanya disiplin organisasi akan tetapi juga sosiologi, psikologi, komunikasi, manajemen, dan disiplin ilmu sosial lainnya yang terlibat dalam kajian kepemimpinan. Dewasa ini pemahaman bahwa pemimpin itu bukan orang yang dilahirkan akan tetapi seseorang bisa belajar menjadi pemimpin yang berhasil. Yth Ibu/Bp Tutor Matakuliah Perilaku Organisasi, Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas masukan yang diberikan untuk mengerjakan Diskusi 5 ini. Saya mencoba untuk mengumpulkan statement-statement yang menurut saya menarik. 1. Teori kepemimpinan yang ada sampai sekarang hanya membahas tentang aspek manajemen dan bidang keahlian saja. Konsep yang dihasilkan cenderung mengasingkan manusia dari manusia sekitarnya. Saya setuju bahwa teori kepemimpinan yang baik harus meliputi aspek teknis dan non-teknis, manajerial maupun aspek relasi dan interaksi personal. Teori kepemimpinan harus mampu menjelaskan dan melakukan analisa terhadap perilaku kepemimpinan. Menurut saya 2 point dalam artikel ini memuat sudut pandang relasi, masing-masing adalah: a. Managing People is like Herding Cats oleh Warren Bennis (1997) Pointnya adalah pemimpin sebagai mentor dan model hidup. Saya rasa tolak ukur keberhasilan seorang pemimpin jika ia mampu mencetak pemimpin baru yang lebih baik dari dirinya. Dengan demikian sudah terbukti bahwa hal-hal yang penting dalam kepemimpinan sudah dimengerti dan diaplikasikannya dengan baik. - Jika mentor mampu belajar dari kesalahan diri sendiri, maka pemimpin yang dihasilkan harus mampu belajar dari kesalahan orang lain, sehingga dia tidak perlu melakukan kesalahan tersebut (auto correction mechanism/self critical). - Seorang mentor berbagi ilmu, pengalaman dan yang terpenting berbagi hidup (share live) dengan orang yang dibimbingnya. Jika menerapkan prinsip ini ada 2 hal konsekuensi yang didapat: pertama seorang mentor otomatis menjalin relasi dengan orang yang dibimbingnya, kedua metode pelatihan memimpin diri sendiri otomatis sudah terlaksana, yaitu: menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Kalimat tabu keluar dari mulut pemimpin: “ Do what I say, but don’t do what I do.” b. The 7 Habits of Highly Effective Person oleh Stephen R Covey (1989) - Point e (point ke-5) tentang penguasaan diri erat hubungan dengan penjelasan saya sebelumnya tentang memimpin diri sendiri. Dalam konteks yang lebih luas, Covey menjelaskan tentang keseimbangan hidup yang artinya orientasi akan segala yang Menurut saya ada 6 point dalam artikel tersebut tentang kepemimpinan diantaranya yaitu :
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

1. The 7 Habits of Highly Effective Person oleh Stephen R. Covey (1989) Faktor terpenting keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh pemimpinnya.
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes