diskusi 5.docx - Yang terhormat Tutor dan rekan-rekan...

This preview shows page 1 - 3 out of 7 pages.

Yang terhormat Tutor dan rekan-rekan sekalian Berikut tanggapan saya pada diskusi ini, Metode statistik merupakan metode analisis yang mencakup penyusunan, pendeskripsian, serta penganalisisan data kuantitatif dari sekelompok data. Metode ini berfungsi untuk menguraikan data dalam bentuk suatu nilai sentral, variabilitas maupun ukuran lainnya dan sering kali disajikan dalam bentuk tabel, gambar, dan lain-lain. Metode statistik merupakan alat analisis yang paling sering digunakan dalam penelitian kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis data numerik (kuantitatif). Jadi, obyek yang dianalisis adalah variable. Subyek nya sendiri adalah sesuatu di mana variable terdapat atau melekat. Subyek tersebut dapat berupa orang atau benda lainnya. Kualitas penelitian dan ketepatan penelitian antara lain ditentukan oleh desain penelitian yang dipakai. Oleh karena itu desain yang dipergunakan dalam penelitian harus desain yang tepat. Suatu desain penelitian dapat dikatakan berkualitas atau memiliki ketepatan jika memenuhi dua syarat (Machfoedz, 2007: 101-102) ., yaitu : 1. Dapat dipakai untuk menguji hipotesis (khusus untuk penelitian kuantitatif analitik) 2. Dapat mengendalikan atau mengontrol varians Burns dan Grovers (Nursalam, 2003: 80) telah mengidentifikasi seperangkat pertanyaan berkenaan dengan pemilihan desain atau rancangan penelitian. Seperangkat pertanyaan tersebut yaitu: Pertama: 1. Apakah tujuan utama penelitian untuk menjelaskan variable dan kelompok berdasarkan situasi penelitian, menguji suatu hubungan, atau menguji sebab akibat pada situasi tertentu? 2. Apakah suatu perlakuan (treatment) akan digunakan? 3. Jika ya, apakah treatment akan dikontrol oleh peneliti? 4. Apakah sampel akan dikenai pretest sebelum treatment? 5. Apakah sampel akan diseleksi secara random? 6. Apakah sampel akan diteliti sebagai satu kelompok atau dibagi menjadi beberapa kelompok? 7. Berapa besarnya kelompok yang akan diteliti? 8. Berapa jumlah masing-masing kelompok? 9. Apakah setiap kelompok akan diberikan tanda secara random? 10. Apakah pengukuran variabelnya akan diulang?
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

11. Apakah menggunakan pengumpulan data corss-sectional atau cross time? 12. Apakah variable sudah diidentifikasi? 13. Apakah data yang sedang dikumpulkan memiliki banyak variable? 14. Strategi apa yang dipakai untuk mengontrol variable yang bervariasi? 15. Strategi apa yang digunakan untuk membandingkan suatu variable atau kelompok? 16. Apakah suatu variabel akan dikumpulkan secara singkat atau multipel? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dijawab secara cermat agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan penelitian. Tipe-Tipe Desain Penelitian Secara garis besar ada dua macam tipe desain, yaitu: 1. Desain Non-ekperimental. 2. Desain Eskperimental. Faktor-faktor yang membedakan kedua desain ini ialah pada desain pertama tidak terjadi manipulasi variabel bebas sedang pada desain yang kedua terdapat adanya manipulasi variabel bebas.
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes