TUGAS II Perilaku organisasi SISWANTO 530038706..docx -...

This preview shows page 1 - 5 out of 14 pages.

TUGAS IIPerilaku OrganisasiEKMA5101.03Dosen Pengampu : Liswandi, Ph.D.Disusun oleh :SISWANTO(530038706)MAGISTER MANAJEMENUNIVERSITAS TERBUKAUNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ( UPBJJ) SORONGTAHUN 2019
TUGAS IIBuatlah paper atau tulisan artikel yang berkaitan dengan“PERILAKU KELOMPOK DANTIM KERJA”.Tulisan boleh diambil dari kasus suatu perusahaan yang ada di Indonesiaatau perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.Skema Penulisan sebagai berikut:A.PendahuluanB.MasalahC.PembahasanD.Simpulan dan SaranE.Daftar PustakaTulisan dibuat maksimal 10 halaman, tidak termasuk cover dan daftar isi. Diketik rapi 1,5spasi dengan menggunakan huruf Times New Roman 12 pitch.Terima kasih.
BAB IPENDAHULUANI.A. Latar Belakang Masalah.Kelompok dan Tim merupakan dua konsep yang berbeda.Kelompok atau groupbisadijelaskan sebagai dua atau lebih individu yang saling bergantung dan bekerjasama, yangsecara bersama berupaya mencapai tujuan.Kelompok kerja(work group)merupakankelompok yang para anggotanya saling berinteraksi terutama untuk saling berbagi informasiuntuk membuat keputusan guna membantu satu sama lain dalam wilayah kewenangannyamasing-masing.Kelompok kerjatidak memiliki kebutuhan ataupun kesempatan untuk terlibatdi dalam kerja kolektif yang memerlukan upaya gabungan dari seluruh anggota tim.Akibatnya, kinerja mereka sekadar kumpulan kontribusi parsial dari seluruh individu anggotakelompok. Tidak ada sinergi positif yang menciptakan tingkat kinerja keseluruhan yang lebihbesar ketimbang totalitas input yang mereka berikan. Sedangkan,Tim Kerjamengembangkansinergi positif melalui upaya yang terkoordinasi. Upaya individual mereka menghasilkansuatu tingkat kinerja yang lebih besar ketimbang totalitas input para individunya.1.B Rumusan Masalah1.Apakah yang dimaksud dengan kelompok ?2.Apa sajakah tipe – tipe kelompok ?3.Apa sajakah syarat terbentuknya kelompok ?4.Dari manakah sumber kelompok berasal ?5.Apakah perbedaan kelompok dan tim ?1.C Tujuan PenyusunanAdapun tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini adalah sebagaiberikut.1.Mampu untuk memahami apa yang dimaksud dengan kelompok2.Mampu untuk memahami tipe – tipe kelompok3.Mampu untuk memahami syarat terbentuknya kelompok4.Mampu untuk memahami sumber kelompok5.Mampu untuk memahami perbedaan kelompok dan tim.
BAB IIPEMBAHASANII.A Pengertian KelompokKelompok (group ) menurut Robbins (1996) mendefinisikan kelompok sebagai duaindividu atau lebih, yang berinteraksi dan salin bergantung, yang saling bergabung untukmencapai sasaran-sasaran tertentu. Sementara Gibson (1995) memandang kelompok dariempat kelompok prespektif, diantaranya :1.Dari sisi persepsi, kelompok dipandang sebagai kumpulan sejumlah orang yangsaling berinteraksi satu sama lain, dimana masing-masing anggota menerima kesanatau persepsi dari anggota lain.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 14 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
NoProfessor
Tags

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture