IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN NEGARA.pptx - IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN NEGARA DALAM BIDANG POLITIK EKONOMI

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN...

This preview shows page 1 - 6 out of 11 pages.

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN NEGARA DALAM BIDANG POLITIK, EKONOMI, SOSIAL BUDAYA, DAN HANKAM
Image of page 1
Nama Anggota 1. Fika Octaviani (1900023109) 2. Nur Chamidah Azizah (1900023120) 3. Muqit N. Putranti (1900023141) 4. Zahwa Laksmi Desfadia (1900023145) 5. Robi Firdaus Fahrurozi (1900023150) 6. Putri Eka Nur Lestari (1900023154) 7. Tiara Wulandari (1900023189)
Image of page 2
PENGERTIAN Implementasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu pelaksanaan/penerapan. Sedangkan pengertian umumnya adalah suatu tindakan atau pelaksana rencana yang telah disusun secara cermat dan rinci (matang). Implementasi Pancasila dalam kehidupan masyarakat, Pancasila sebagai pandangan hidup mempunyai arti setiap warga negara dalam kehidupannya menggunakan pancasila sebagai petunjuk hidup dalam rangka mencapai daya saing bangsa, kesejahteraan dan keadilan, baik lahir maupun batin. Pemahaman implementasi pancasila diharapkan akan adanya tata kehidupan yang serasi dan harmonis dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Image of page 3
IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM PEMBUATAN KEBIJAKAN NEGARA DALAM BIDANG POLITIK Implementasi pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik dituangkan dalam : Pasal 26 Ayat 1 : Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Ayat 2 : Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang tempat tinggal di Indonesia. Ayat 3 :Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang. Pasal 27 Ayat 1 Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Pasal 28
Image of page 4
Pasal-pasal tersebut adalah penjabaran dari pokok-pokok pikiran kedaulatan rakyat dan kemanusiaan yang adil dan beradab yang masing-masing merupakan pancaran dari sila ke-4 dan ke-2 pancasila. Kedua pokok pikiran ini adalah landasan bagi kehidupan nasional bidang politik di Negara Republik Indonesia.
Image of page 5
Image of page 6

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes