economics 1.docx - Sejak tahun 2007 pemerintah Uruguay telah menjalankan program bernama Plan Ceibal dimana setiap siswa dan guru di sekolah dasar

economics 1.docx - Sejak tahun 2007 pemerintah Uruguay...

This preview shows page 1 - 2 out of 4 pages.

Sejak tahun 2007, pemerintah Uruguay telah menjalankan program bernama Plan Ceibal, dimana setiap siswa dan guru di sekolah dasar negeri berhak menerima laptop XO bersama dengan koneksi internet. Tujuan utama program ini adalah untuk menutup celah ketimpangan tingkat pendapatan (income inequality) dari masyarakat Uruguay. Walaupun yang menerima laptop adalah pihak anak, anggota keluarga lain seperti orang tua secara aktif menggunakan teknologi ini dengan tujuan mendapatkan keterampilan penggunaan komputer, mencari informasi, dan sekadar surfing di internet (Plan Ceibal, 2012). Oleh karena itu, para peneliti menyelidiki dampak perluasan akses informasi dan komunikasi di beberapa tahun terakhir terhadap tingkat pendapatan pekerja rumah tangga (household labor) di Uruguay. Topik penelitian ini dianggap layak untuk digarap oleh peneliti dengan beberapa alasan. Pertama, hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi mengenai dampak akses ke teknologi dan informasi di lingkup rumah tangga saja dimana literatur sebelumnya mengenai topik ini terbatas. Kedua, penelitian ini adalah yang pertama yang membahas dampak dari program One Laptop per Child (OLPC) terhadap pendapatan pekerja rumah tangga di Uruguay. Ketiga, program ini dianggap sebagai “eksperimen alami” karena peningkatan akses informasi dan komunikasi tidak sering terjadi dalam skala sebesar ini. Keempat, penelitian ini menguji perubahan seiring waktu, berlawanan dengan studi-studi lain yang hanya menggunakan data cross- sectional . Penelitian ini bermaksud untuk menangkap manfaat dari “berinvestasi” ke sumber daya manusia dengan kasus adanya akses informasi dan komunikasi yang lebih luas di lingkup rumah. Bukti menunjukkan bahwa sekitar 50% orang tua dari anak yang menerima laptop menggunakan perangkat tersebut untuk aktivitas mencari informasi dan mendapatkan keterampilan komputer. Jadi, hipotesis para peneliti adalah terdapat peningkatan pendapatan pekerja rumah tangga sebagai bentuk dari berinvestasi ke sumber daya manusia. Metodologi: Berdasarkan pelaksanaan program yang menunjukkan adanya eksperimen alami, para peneliti mengestimasikan sebuah model double difference . Program ini dimulai di daerah Florida pada tahun 2007 dan mencapai daerah Canelones pada tahun 2009. Oleh karena itu, kelompok treatment dalam penelitian ini adalah rumah tangga di daerah Florida yang memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut, dan kelompok control adalah rumah tangga di daerah Canelones yang memiliki persyaratan kelayakan yang sama.
Image of page 1
Image of page 2

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 4 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors