Yamaha A copy.pdf - RINGKASAN KASUS Kasus Yamaha Indonesia(A terjadi ketika Yamaha melakukan peluncuran produk baru mereka yaitu motor automatic Nouvo

Yamaha A copy.pdf - RINGKASAN KASUS Kasus Yamaha...

This preview shows page 1 - 3 out of 8 pages.

RINGKASAN KASUS Kasus Yamaha Indonesia (A) terjadi ketika Yamaha melakukan peluncuran produk baru mereka yaitu motor automatic Nouvo pada tahun 2002. Seiring dengan masa pengenalannya kepada masyarakat luas, Yamaha mendapati bahwa hasil penjualannya sangat tidak memuaskan meski sudah melakukan promosi besar-besaran tetapi tetap saja penjualannya tidak mencapai target yang sudah direncanakan. Nouvo adalah sepeda motor dengan teknologi matic pertama yang diproduksi oleh Yamaha, dimana pada saat itu sepeda motor matic masih sangat baru dan dianggap gampang rusak sehingga masyarakat kurang berminat membeli sepeda motor matic dibandingkan dengan sepeda motor manual yang sudah memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia. Sepeda motor manual dianggap lebih bertenaga, akselerasi lebih cepat, handling yang lebih lembut jika dibandingkan dengan motor matic. Yamaha berusaha melakukan promosi besar-besaran untuk mengenalkan produk Nouvo mereka seperti memasang iklan di berbagai media dengan menggaet pesepakbola terkenal Michael Owen sebagai ikon sekaligus bintang iklannya, Yamaha juga memberikan test-ride di sejumlah dealer dan kegiatan pameran, memberikan penghargaan kepada dealer yang mencapai target penjualan, bahkan sampai mensponsori sebuah turnamen sepakbola sebagai olahraga yang paling diminati di Indonesia dengan nama “Nouvo Football Tournament”. Meskipun begitu tetap saja penjualan sepeda motor tidak mencapai angka yang diharapkan. Customer di Indonesia cenderung menyukai motor manual seperti terlihat pada tabel 1. Tabel 1. Indonesian Motorcycle Delivery by Catagory and Manufacturer, 2002 MERK MOPED (Manual) MOPED (Automatic) SPORT (Manual) Honda 1.304.801 - 132.347 Yamaha 251.005 22.847 78.248 Suzuki 432.148 - 7.608 Kawasaki 34.611 - 9.423 TOTAL 2.022.565 22.847 227.626
Image of page 1
KEY ISSUES Dari artikel studi kasus dapat diketahui bahwa isu yang dihadapi oleh Yamaha Indonesia adalah hasil penjualan Nouvo pada tahun 2002 jauh dari harapan, namun sudah memiliki brand awareness yang cukup tinggi. Penjualan produk dipengaruhi oleh beberapa isu yaitu : 1. Yamaha Indonesia tidak mampu meyakinkan customer untuk melakukan pembelian produk Nouvo. Hasil riset oleh MarkPlus menunjukan bahwa alasan customer tidak membeli karena bentuk body motor yang terlalu besar dan design kurang menarik. Pengendara motor di Indonesia juga belum terlalu familiar dengan motor automatic. Pada tahun tersebut, motor automatic hanya dikeluarkan oleh Yamaha, sehingga masih ada persepsi bahwa jenis motor ini hanya untuk pengendara perempuan. 2. Dealer motor Yamaha enggan mempromosikan dan menjual Nouvo. Untuk menjual Nouvo, dealer harus menciptakan awareness kepada customer dan hal ini membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sebentar. Dealer lebih memilih untuk menjual produk motor manual yang sudah memiliki banyak peminat.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 8 pages?

  • Fall '18

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors