PENYUSUNAN_ANGGARAN.docx - BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang Persaingan usaha yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk beroperasi seefektif

PENYUSUNAN_ANGGARAN.docx - BAB I PENDAHULUAN A Latar...

This preview shows page 1 - 3 out of 20 pages.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Persaingan usaha yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk beroperasi seefektif dan seefisien mungkin, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk mengetahui bagaimana penyusunan anggaran yang baik agar dapat menarik investor dan kreditor. Penyusunan anggaran merupakan proses pembuatan rencana kerja dalam jangka waktu satu tahun, yang dinyatakan dalam satuan moneter dan satuan kuantitatif orang lain. Dengan adanya anggaran kita dapat mengestimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dapat dinyatakan dalam ukuran financial Proses penyusunan anggaran merupakan proses penyusunan rencana jangka pendek, yang dalam perusahaan berorientasi laba, pemilihan rencana didasarkan atas dampak rencana kerja tersebut terhadap laba. Sistem penganggaran memiliki peran yang penting dalam pencapaian tujuan perusahaan. Keberhasilan anggaran untuk mendukung tujuan perusahaan dapat ditentukan dari sejauh manakah anggaran dapat memenuhi fungsi-fungsinya. Hal ini tidak terlepas dari sistem penganggaran yang direncanakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi adalah apakah sistem penganggaran yang diterapkan perusahaan dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan dengan maksimal. B. Rumusan Masalah 1. Apa Hakikat Anggaran? 2. Apa hubungan penyusunan anggaran dengan perencanaan strategis? 3. Apa perbedaan penyusunan anggaran dengan prediksi? 4. Apa kegunaan Anggaran? 5. Bagaimana Proses Penyusunan Anggaran? C. Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui Hakikat Anggaran 2. Untuk mengetahui Hubungan Penyusunan Anggaran dengan Perencanaan Strategis 3. Untuk mengetahui Perbedaan Penyusunan Anggaran dengan Prediksi 4. Untuk mengetahui kegunaan anggaran 5. Untuk mengetahui proses penyususnan anggaran 1
Image of page 1
BAB II PEMBAHASAN A. Hakikat Anggaran Hakikat Anggaran merupakan alat penting untuk perencanaan dan pengendalian jangka pendek yang efektif dalam organisasi. Suatu anggaran operasi biasanya meliputi waktu satu tahun dan menyatakan pendapatan dan beban yang direncanakan untuk tahun itu. Anggaran memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut: 1. Anggaran mengestimasikan potensi laba dari unit bisnis tersebut. 2. Dinyatakan dalam istilah moneter, walaupun jumlah moneter mungkin didukung dengan jumlah nonmoneter (contoh: unit yang terjual atau diproduksi). 3. Biasanya meliputi waktu selama satu tahun. Dalam bisnis-bisnis yang sangat dipengaruhi oleh factor-faktor musiman, mungkin ada dua anggaran pertahun misalnya, perusahaan busana biasanya memiliki anggaran musim gugur dan anggaran musim semi 4. Merupakan komitmen manajemen; manajer setuju untuk menerima tanggung jawab atas pencapaian tujuan-tujuan anggaran. 5. Usulan anggaran ditinjau dan disetujui oleh pejabat yang lebih tinggi wewenangnya dari pembuat anggaran.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 20 pages?

  • Spring '18

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors