24503_106126_bab 8.docx - Apa yang Dimaskud dengan Manajemen Manajemen(Management adalah proses mengoordinasi orang dan sumber daya lainnya untuk

24503_106126_bab 8.docx - Apa yang Dimaskud dengan...

This preview shows page 1 - 3 out of 11 pages.

Apa yang Dimaskud dengan Manajemen Manajemen (Management) adalah proses mengoordinasi orang dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan sebuah organisasi. Kebanyakan organisasi menggunakan empat jenis sumber daya yaitu. 1. Sumber daya material, adalah sumber daya fisik yang berwujud yang dapat digunakan oleh organisasi 2. Sumber daya manusia, merupakan sumber daya terpenting yang ada dalam sebuah organisasi. Bahkan ada beberapa perusahaan yang hidup dengan filosofi bahwa karyawan mereka adalah asset yang paling penting. Contohnya adalah southwest airlines yang memperlakukan karyawan mereka dengan rasa hormat dan perhatian yang lebih sama seperti penumpang pesawat mereka. 3. Sumber daya keuangan, merupakan dana yang digunakan oleh organisasi untuk memenuhi kewajibannya pada investor dan kreditor. 4. Informasi, sumber daya ini tidak dapat diabaikan karena pengetahuan akan kondisi lingkungan eksternal seperti teknologi, politik, dan kekuatan budaya yang berubah begitu cepat sehingga perlunya adaptasi agar bisnis yang dipunyai dapat berjalan. Fungsi-Fungsi Dasar Manajemen Dibawah terdapat bagan mengenai proses manajemen, dimana prosesnya bukanlah langkah demi langkah, tetapi merupakan sebuah proses dengan lingkaran umpan balik yang mewakili sebuah aliran. Merencanakan Mengorganisasi Mengontrol Memimpin dan Mengorganisasi Merencanakan 1
Image of page 1
Merencanakan (planning), dalam bentuk yang paling sederhana adalah membangun tujuan organisasi dan memutuskan bagaimana mencapainya. Hal ini sering dikatakan sebagai fungsi “pertama”manajemen karena perencanaan adalah hal paling dasar. Misi (Mission) organisasi adalah pernyataan tujuan dasar yang membuat organisasi berbeda dari yang lain. Setelah misi selesai ditetapkan hal selanjutnya yang dilakukan adalah proses perencanaan strategis. Proses perencanaan strategis (strategic planning process) Melibatkan menetapkan tujuan utama organisasi dan mengalokasikan sumber daya untuk mencapainya. Manajemen puncak bertanggung jawab untuk perencanaan strategis, meskipun pelanggan, produk, pesaing, dan sumber daya perusahaan adalah beberapa faktor yang dianalisis dalam proses perencanaan strategis. Apabila faktor eksternal dan faktor internal dalam suatu bisnis berubah sangat cepat, maka diperlukan sebuah perencanaan yang berubah pula. Rencana harus fleksibel dan mencakup dua pokok tindakan, seperti menguraikan bagaimana rencana akan dilaksanakan. Menetapkan Tujuan dan Sasaran Tujuan (goal) adalah hasil akhir yang diharapkan dapat dicapai oleh organisasi selama periode satu sampai sepuluh tahun. Sasaran (objective) adalah pernyataan spesifik yang merinci niat organisasi yang ingin dicapai selama periode waktu yang lebih singkat. Tujuan dan sasaran dapat berhadapan berbagai faktor, seperti penjualan, pertumbuhan perusahaan, biaya, kepuasan pelanggan, dan semangat kerja karyawan. Produsen dapat berfokus terutama pada tujuan penjualan untuk enam bulan ke depan, sebuah perusahaan biasanya tertarik pada rencana yang berdampak untuk beberpa tahun ke depan.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Fall '14
  • Bali

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors