KD 3.13 dan 4.13 KOREKSI KESALAHAN.docx - KOREKSI KESALAHAN...

This preview shows page 1 - 3 out of 10 pages.

KOREKSI KESALAHAN 1. Kesalahan dalam Pencatatan Kesalahan adalah penyajian akun-akun laporan keuangan yang secara signifikan tidak sesuai dengan yang seharusnya sehingga memengaruhi laporan keuangan periode berjalan atau periode sebelumnya. Periode berjalan adalah periode sebelum laporan keuangan ditetapkan dengan Perda, sedangkan periode sebelumnya adalah periode akuntansi dimana laporan keuangan telah diterbitkan. Paragraph 16 PSAP 10 menjelaskan bahwa laporan keuangan dianggap sudah diterbitkan apabila sudah ditetapkan dengan undang-undang atau peraturan daerah. Laporan keuangan disusun dan disajikan untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh entitas pelaporan. Untuk menjaga integritas data dan agar informasi laporan keuangan tidak menyesatkan, laporan keuangan harus bebas dari kesalahan. Laporan keuangan disusun pada pisah tanggal tertentu terhadap laporan keuangan pemerintah dan mengikuti periode tahun anggaran, yaitu meliputi masa satu tahun mulai tanggal 1 Januari sampai 31 Desember. Adapun kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan bisa terjadi pada 1 atau beberapa periode sebelumnya dan mungki baru ditemukan pada periode berjalan. Kesalahan mungkin timbul dari adanya keterlambatan penyampaian bukti transaksi anggaran oleh pengguna anggaran, kesalahan perhitungan matematis, kesalahn dalam penerapan standard an kebijakan akuntansi, kesalahan interpretasi fakta, kecurangan, atau kelalaian. Laporan keuangan disusun pada periode tertentu, dmana untuk laporan keuangan pemerintah mungkin periode tahun anggaran, yaitu meliputi masa satu tahun mulai 1 januari sampai dengan 31 Desember. Laporan keuangan pemerintah harus disampaikan kepada DPR paling lambat 6 bulan setelah tutup tahun buku, setelah dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 2. Pihak yang Terkait dalam Koreksi Kesalahan a. Bendahara penerimaan Bendahara penerimaan SKPD wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) administratif beserta bukti-bukti pendukungnya kepada pengguna anggaran melalui PPK-SKPD setiap bulan. Selanjutnya, PPK-SKPD membukukan seluruh
Image of page 1
transaksi yang dilakukan bendahara penerimaan termasuk koreksi yang ada. Contohnya pengembalian kelebihan pendapatan. b. Bendahara pengeluaran Bendahara pengeluaran menyampaikan LPJ-UP, LPJ-TU, dan LPJ-Administratif kepada pengguna anggaran melalui PPK-SKPD. Penyampaian pertanggungjawaban harus melauli PPK-SKPD agar PPK-SKPD melakukan verifikasi terlebih dahulu atas LPJ-UP, LPJ-TU, dan LPJ-Administratif tersebut. Setelah melakukan verifikasi, PPK-SKPD akan membukukan seluruh transaksi yang dilakukan oleh bendahara pengeluaran termasuk koreksi-koreksi yang ada Contohnya pengembalian kelebihan belanja.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 10 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors