AKUNTANSI_KEUANGAN_PEMERINTAH_DAERAH.doc.docx - SEMINAR...

This preview shows page 1 - 4 out of 116 pages.

SEMINAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KELAS 8D AKUNTANSI ALIH PROGRAM KELOMPOK V : ANANG FEBRI SULISTYONO (05) ELVANES YODA MUSTIKASASTI (11) HENDRA BAGUS SETIAWAN (17) LARASATI (23) RINAWATI (29) YOFI FADLILLAH (35) POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN TAHUN 2017 0
Image of page 1
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Reformasi di bidang akuntansi terutama untuk penerapan akuntansi berbasis akrual pada instansi pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintahan daerah, ditandai dengan dikeluarkannya UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Hal ini ditegaskan dalam dalam Pasal 36 ayat (1) yang berbunyi: ”Ketentuan mengenai pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 13, 14, 15, dan 16 undang-undang ini dilaksanakan selambat- lambatnya dalam 5 (lima) tahun. Selama pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual belum dilaksanakan, digunakan pengakuan dan pengukuran berbasis kas.” Kemudian setelah mengalami proses yang panjang, Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang telah lama dinantikan akhirnya ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 tanggal 13 Juni 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (PP SAP). Dengan ditetapkannya PP SAP maka untuk pertama kalinya Indonesia memiliki standar akuntansi pemerintahan. Reformasi di bidang akuntansi dan pelaporan keuangan tidak hanya terjadi di pemerintah pusat, tetapi juga pada pemerintah daerah (pemda). Reformasi pada pemerintah daerah telah dilakukan sejak keluarnya PP No. 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah. Di dalam peraturan tersebut menyatakan bahwa penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah berpedoman standar akuntansi keuangan pemerintah daerah yang berlaku. Kemudian pada tahun 2005 diterbitkan standar akuntansi pemerintah yaitu PP No. 58 Tahun 2005 dan sekaligus mencabut PP No. 105 Tahun 2000. Akuntansi keuangan daerah merupakan akuntansi yang mencatat dan melaporkan pengaruh dari transaksi keuangan daerah sehubungan dengan pelaksanaan APBD. Penyelenggaraan akuntansi pemerintah daerah harus merujuk pada Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) maupun pada peraturan yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah, antara lain PP No. 58 Tahun 2005 yang kemudian dijelaskan lebih lanjut dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 1 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana direvisi dengan Permendagri No. 59 Tahun 2007 dan terakhir diubah dengan Permendagri No. 21 Tahun 2011. 1
Image of page 2
Pada awalnya, standar akuntansi yang diterapkan adalah SAP berbasis cash toward accrual (CTA) yang ditetapkan dengan PP No. 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintah. SAP berbasis CTA tersebut bersifat sementara, sebagaimana terdapat dalam Pasal 36 ayat (1) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara yang menyatakan bahwa selama pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual belum dilaksanakan, digunakan pengakuan dan pengukuran berbasis kas.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 116 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors