KEMAMPUAN_BERBICARA_DENGAN_MENGGUNAKAN_M.docx - KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK(TK KARTIKA 1-7 CENGKEH

KEMAMPUAN_BERBICARA_DENGAN_MENGGUNAKAN_M.docx - KEMAMPUAN...

This preview shows page 1 - 3 out of 11 pages.

KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTIKA 1-7 CENGKEH PADANG OLEH Mahyurianti NIM 17330017 Mahasiswa Program Magister Universitas Negeri Padang ABSTRAK Penelitian dilatar belakangi sebagai berikut. Pertama, anak cenderung tidak percaya diri ketika berbicara dengan guru ataupun dengan teman sejawat. Kedua, anak kurang mampu menggunakan lafal, hal yang dibicarakan, dan objek yang dibicarakan. Ketiga, penggunaan bahasa yang kurang fasih sehingga kata-kata yang diucapkan menjadi tidak jelas dan sering diulang-ulang. Keempat, media yang digunakan tidak menarik sehingga anak merasa bosan berada dalam ruangan dan cenderung tidak mau berbicara. Maka dari itu penulis membutuhkan media yang dapat membuat anak bisa berbicara apalagi mau bercerita. Maka penulis menggunakan media boneka tangan untuk memancing siswa berbicara. Tujuan Penelitian ini adaalah Mendeskripsikan kemampuan kemampuan berbicara dengan menggunakan media boneka tangan di taman Kanak-Kanak (TK) Kartika 1-7 Padang. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menggunakan Metode Deskrptif. Populasi penelitian ini adalah Kanak-Kanak (TK) Kartika 1-7 Padang yang berjumlah 16 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama , pada pertemuan pertama guru menjelaskan berbicara, keguanaan berbicara dengan cara siswa diajak bercerita, berdiskusi, bermain dan melakukan hal menyenangkan bagi anak namun sesuai dengan aspek berbicara. Kedua, setelah anak diberikan semacam perlakuan seperti pendekatan bercerita yang berhubungan dengan media anak diperkenalkan dengan boneka tangan, apa saja yang ada di dalam boneka tangan dan penggunaan boneka tangan. Ketiga, anak melakukan kegiatan, selanjutnya guru mengisi lembaran format angket yang telah diidentifikasi sebelumnya. Keempat guru melakukan media, dan ada kaloberasi dengan guru yang lain guna memerhatikan media yang telah diterapkan. Keenam, setelah selesai, angket di diperiksa sesuai dengan aspek yang diteliti. Pelaksanaan angket dengat satu-persatu anak yang diteliti.
Image of page 1
PENDAHULUAN Latar Belakang Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003). Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan semua aspek perkembangan yang dimiliki anak untuk memunculkan potensi secara optimal. Aspek perkembangan tersebut meliputi aspek nilai agama dan moral,aspek sosial emosional, aspek kognitif, aspek bahasa, dan aspek fisik motorik. Menurut Dadan Suryana (2013:54) sebetulnya proses pendidikan anak usia dini sudah berlangsung saat di dalam kandung, lalu sesudah lahir, sampai SD kelas awal (I, II, dan III). Dengan demikian pendidikan anak usia dini berakhir kir- kira pada usia 8 tahun. Sementara itu, UNESCO mebagi perjenjang sekolah kedalam tujuh klasifikasi, jenjang
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Fall '19
  • Judith

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors