Obligasi ak keu 2.docx - A Obligasi Surat obligasi merupakan pengakuan utang pihak yang mengeluarkan pada pihak yang membeli(investor Surat obligasi

Obligasi ak keu 2.docx - A Obligasi Surat obligasi...

This preview shows page 1 - 3 out of 26 pages.

A. Obligasi Surat obligasi merupakan pengakuan utang pihak yang mengeluarkan pada pihak yang membeli (investor). Surat obligasi menunjukkan jumlah nominal, bunga dan tanggal pembayarannya dan perjanjian-perjanjian lain, sehingga dapat dikatakan bahwa obligasi merupakan suatu janji tertulis untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu di masa yang akan datang dan juga bunga setiap tanggal tertentu. Pembeli surat obligasi dapat menjual kembali obligasi yang dimilikinya sewaktu-waktu, mungkin dalam waktu yang relatif pendek atau cukup lama, sehingga obligasi yang dibeli dapat dicatat sebagai investasi jangka pendek atau jangka panjang. Investasi obligasi akan memberikan pendapatan bunga yang tetap setiap periode. Investasi obligasi harus dikelompokkan ke dalam salah satu dari tiga kelompok berikut: Dimiliki hingga jatuh tempo (held to maturity). Investasi obligasi harus dimasukkan ke dalam kelompok dimiliki hingga jatuh tempo jika perusahaan bermaksud untuk memiliki obligasi itu hingga jatuh temponya. Diperdagangkan (trading). Jika perusahaan tidak bermaksud memiliki obligasi hingga jatuh tempo dan akan menjualnya kembali dalam waktu dekat, investasi ini harus dikelompokkan sebagai diperdagangkan. Intinya adalah membeli dan segera menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan perbedaan harga. Tersedia untuk dijual (available for sale). Investasi obligasi yang tidak dapat dikelompokkan sebagai dimiliki sampai jatuh tempo atau diperdagangkan, harus dikelompokkan sebagai tersedia untuk dijual. Investasi obligasi diperdagangkan dicantumkan dalam kelompok aktiva lancar di neraca sebesar nilai wajarnya. Laba atau rugi yang belum direalisasi yang mungkin timbul akibat perubahan nilai wajar harus diakui sebagai penghasilan (laba) dalam laporan. Laba rugi. Obligasi-obligasi yang dikelompokkan sebagai dimiliki hingga jatuh tempo dan tersedia untuk dijual akan diklasifikasikan ke dalam kelompok aktiva lancar atau tidak lancar tergantung keputusan manajemen. Investasi obligasi dalam kelompok dimiliki hingga jatuh tempo disajikan dalam neraca sebesar harga perolehan setelah 1
Image of page 1
dikurangi amortisasi agio/disagio. Sedangkan investasi obligasi dalam kelompok tersedia untuk dijual disajikan dalam neraca sebesar nilai wajarnya. Laba atau rugi yang belum direalisasi untuk kelompok tersedia untuk dijual harus dilaporkan sebagai komponen ekuitas yang disajikan secara terpisah dan tidak boleh diakui sebagai penghasilan sampai saat laba atau rugi tersebut direalisasi. B. Jenis Obligasi Pengelompokan obligasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yaitu: 1. Ditinjau dari waktu jatuh temponya, ada dua macam obligasi yaitu obligasi biasa (term bonds) dan obligasi berseri (serial bonds). Obligasi biasa adalah obligasi yang jatuh tempo pada saat yang sama, sedang obligasi berseri adalah obligasi yang jatuh temponya berurutan dalam periode-periode tertentu.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 26 pages?

  • Winter '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors