4766-12020-1-SM.pdf - 119 PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI ATLET UNTUK MENCAPAI PRESTASI SEPAKBOLA INDONESIA Oleh Komamdin Dosen Jurusan Pendidikan Olahraga

4766-12020-1-SM.pdf - 119 PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI ATLET...

This preview shows page 1 - 3 out of 16 pages.

119 PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI ATLET UNTUK MENCAPAI PRESTASI SEPAKBOLA INDONESIA Oleh: Komamdin Dosen Jurusan Pendidikan Olahraga Rekreasi FIK U N Y Abstrak Sepakbola meaipakan salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat di selumh dunia termasuk di Indonesia. Pembinaan teihadap olahraga ini telah lama dilakukan oleh induk organisasi sepakbola Indonesia (PSSI), namun masih belum menampakkan prestasi yang menggembirakan. Pemanfaatan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sepakbola modem mutlak harus sudah dilakukan dalam pembinaan sepakbola. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan unmk mewujudkan prestasi sepakbola yang tinggi adalah pemanfaatan dan penerapan ilmu gizi olahraga yang benar dan profesional. Kebutuhan gizi bagi pemain sepakbola meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air, dan serat. Pemberian makanan bergizi bagi pemain sepakbola dilakukan pada periode pelatihan, periode pertandingan, dan periode pemulihan. Katakunci: sepakbola, gizi. Pemenuhan Kebutuhan Gizi Allet untuk Mencapai Prestasi Sepakbola Indonesia (Komamdin)
Image of page 1
120 Dewasa ini olahraga telah meaipakan kebiiaihan hidup manusia hampir di seluaih dunia. Kiranya dapat dibayangkan betapa hambamya kehidupan manusia andaikan sehari-hari tanpa berita olahraga baik lewat media cetak maupun elektronika. Olahraga telah makin diakui sebagai sarana untuk dapat saling mendekatkan bangsa-bangsa di dunia dalam rangka mengurangi ketegangan dunia serta menciptakan perdamaian dunia yang menjadi idaman setiap orang. Dengan makin ketatnya persaingan untuk mencapai prestasi tinggi dalam olahraga, sejalan pula dengan motto Olympic Games, yaitu: citius, alHus.foltius, orang lalu berupaya untuk dapat meraih prestasi olahraga setinggi-tingginya. Meskipun dalam olimpiade telah dinyatakan balwa pertandingan itu bukanlah antamegara melainkan antarperorangan dan regu yang bertanding, seperti yang tercantum dalam p)eraairan 9 dari Olympic Charter, dalam kenyataanya, atlel yang bertanding pada forum olimpiade telah menjadi milik masyarakat pemerintah negaranya. Atlet yang berlaga dan bertanding tidak saja ditunjang oleh keluarga maupun perkumpulannya akan tetapi juga didukung oleh masyarakat dan pemerintalinya. Demikian pula yang terjadl di Indonesia, atlet yang terpilih untuk me^'akili Indonesia ke olimpiade pembiayaannya didukung oleh masyarakat (KONI) dan pemerintah (Menpora). Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan di bidang olahraga pada umumnya dan olahraga prestasi pada khususnya tidak pelak lagi hams menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi maju. Dalam konteksnya dengan pembinaan prestasi sepakbola Indonesia, pemanfaatan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sepakbola modem mutlak harus sudah dilakukan dalam peml^inaan sepakbola. Salah satunya adalah dengan pemar^aatan dan penerapan ilmu gizi olahraga yang benar dan profesional sebagai faktor pendukung yang besar pengamhnya.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 16 pages?

  • Summer '19
  • rida sumirat

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors