Komunikasi Dalam Kelompok Kecil dan Rapat - MAKALAH KOMUNIKASI BISNIS BAB 15 “KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK KECIL DAN RAPAT” DISUSUN OLEH Kelompok 3

Komunikasi Dalam Kelompok Kecil dan Rapat - MAKALAH...

This preview shows page 1 - 4 out of 11 pages.

MAKALAH KOMUNIKASI BISNIS BAB 15 “KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK KECIL DAN RAPAT” DISUSUN OLEH: Kelompok 3 Nelvyana Saripuspa Jianta 1713016 Rivaldy 1713044 Muhammad Fauzan Islamyah Sanrais 1713077 Viola Victoria Tulende 1713084 UNIVERSITAS ATMA JAYA MAKASSAR FAKULTAS EKONOMI & BISNIS JURUSAN AKUNTANSI MAKASSAR 2018 15.1 KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK KECIL
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Komunikasi kelompok merupakan cara yang paling efektif untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat yang demokratis. Cara tersebut melibatkan orang lain dan menghasilkan keputusan yang mungkin memengaruhi kehidupan seluruh anggota kelompok secara dramatis. Namun tidak semua orang suka bekerja dalam kelompok. Banyak orang atau manajer yang enggan dengan sistem seperti ini. Mereka tidak suka bekerja sama dengan orang lain dalam kelompok. Namun karena tugas itu tidak dapat dihindarkan dari tugas dan kewajiban manajer, maka mereka harus melakukannya. 15.1.1 Dinamika Kelompok Agar dapat berkomunikasi dalam kelompok, seseorang harus memahami dinamika kelompok. Dinamika kelompok yaitu interaksi yang terjadi di antara orang-orang yang ada dalam kelompok tersebut. Suatu pertemuan diselenggarakan dengan tujuan tertentu dan pencapaian tujuan tersebut, salah satunya dipengaruhi oleh dinamika kelompok. Selanjutnya, dinamika itu sendiri dapat dianalisis lebih lanjut dalam hal peran yang dimainkan di antaranya : 1. Peran yang Dimainkan oleh Peserta Rapat. Dalam rapat, setiap individu akan memainkan peran tertentu yang membantu kelompok mencapai tujuannya. Dalam hal itu terdapat tiga jenis peran, yaitu sebagai berikut : a. Peran yang berorientasi pada diri sendiri ( self oriented roles ). Peran yang berorientasi pada diri sendiri dimotivasi terutama oleh kebutuhan pribadi seseorang. b. Peran yang berhubungan dengan kelompok ( group maintenance roles ). Dalam rapat, seseorang berpikir dan bertindak dengan mengacu pada sumbangannya terhadap pencapainya tujuan rapat. c. Peran yang bersifat fasilitator ( task fasilitating roles ) 2
Image of page 2
Peran sebagai fasilitator dilakukan dengan koordinasi, yaitu menunjukan hubungan antara ide-ide dari para peserta, mengklarifikasi isu atau lontaran pendapat, dan meringkas pendapat-pendapat dari peserta lain. 2. Norma Kelompok. Norma kelompok merupakan perilaku struktur yang dibuat kelompok untuk anggotanya. 3. Pengambilan Keputusan Kelompok Dalam bisnis, pembuatan keputusan secara kelompok seringkali terjadi. Keputusan kelompok tersebut memiliki kelebihan dan juga kelemahan. 15.1.2 Kelebihan dan Kekurangan Bekerja dalam Kelompok. 1. Kelebihan Bekerja dalam Kelompok Beberapa manfaat bekerja dalam kelompok adalah: Lebih Kuat Lebih Kreatif Lebih Banyak Belajar Kemungkinan Melaksanakan Keputusan Lebih Besar 2. Kelemahan Bekerja dalam Kelompok Meskipun bekerja dalam kelompok memiliki kelebihan, tetapi ia juga menimbulkan masalah-masalah, kesulitan, dan kerugian tertentu.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
  • Winter '14

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes