Komposisi_Penduduk_Maluku_Berdasarkan_Ci.docx - BAB II...

  • No School
  • AA 1
  • 33

This preview shows page 1 - 4 out of 33 pages.

BAB II PEMBAHASAN 2.1 Struktur dan Komposisi Penduduk Provinsi Maluku. Provinsi Maluku adalah salah satu Provinsi di Indonesia bagian Timur yang terbagi atas 11 Kabupaten/Kota, 90 Kecamatan, dan 1022 Desa/Kelurahan. Jumlah penduduk 1.533.506 jiwa dari hasil Sensus Penduduk 2010. Jumlah ini mencakup mereka yang tinggal di daerah perkotaan sebanyak 569.395 jiwa (37,13 persen) dan di daerah perdesaan sebanyak 964.111 jiwa (62,87 persen). Hal ini menunjukkan penduduk di Provinsi Maluku tinggal di daerah pedesaan. Dengan mengetahui jumlah penduduk provinsi Maluku, berdasarkan luas wilayahnya, kepadatan penduduk di provinsi Maluku hanya 33 jiwa/km 2 . Gambar 2.1. Kepadatan Penduduk Provinsi Maluku (jiwa/km 2 ) Sumber: sp2010.bps.go.id Jumlah penduduk Provinsi Maluku dari tahun ke tahun meningkat. Berdasarkan data Sensus Penduduk 2010, laju pertumbuhan penduduk provinsi Maluku adalah 2,80% per tahun. Kenaikan tingkat penduduk di Provinsi Maluku ini dapat kita lihat dari struktur dan komposisi penduduk dari tahun ke tahun. Komposisi penduduk merupakan pengelompokan penduduk berdasarkan ciri tertentu. Dan dapat diklasifikasikan sebagai; (1) Demografi (biologis), (2) Sosial Budaya, (3) Geografis, dan (4) Ekonomi.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

2.2 Klasifikasi Komposisi Penduduk Provinsi Maluku. 1. Komposisi Penduduk Berdasarkan Ciri-Ciri Biologis. A. Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin Jumlah penduduk Provinsi Maluku berdasarkan hasil Sensus tahun 2000 mencapai 1,205,539 jiwa. Jumlah ini meningkat dari tahun ketahun. Sesuai hasil proyeksi penduduk tahun 2006-2009, jumlah penduduk Maluku mencapai 1.384.585, naik menjadi 1.420.433 jiwa, tahun 2008 menjadi 1.440.014 jiwa dan tahun 2009 menjadi 1.457.070 jiwa. Dan bejumlah 1,533,506 jiwa pada tahun 2010. Komposisi menurut umur dan jenis kelamin ini penting bagi pemerintah sebuah negara untuk menentukan kebijakan kependudukan mereka untuk beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk menganalisis komposisi penduduk berdasarkan ciri biologis. Penyajian data dalam bentuk piramida penduduk adalah gambaran yang paling mudah untuk mengetahui komposisi penduduk berdasarkan ciri-ciri biologis. Oleh karena itu kita akan menjelaskan komposisi penduduk berdasarkan Gambar berikut. Gambar 2.2.1. Piramida Penduduk Provinsi Maluku hasil Sensus penduduk 2010. Sumber : bps.go.id
Image of page 2
Dari Piramida terebut tidak hanya dapat dilihat komposisi penduduk Maluku berdasarkan umur dan jenis kelamin saja. Tetapi lebih luas lagi dapat diketahui tingkat kelahiran, kematian dan angka harapan hidup di provinsi maluku. Tapi, kita akan fokus membahas tentang komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin saja. Piramida diatas menggambarkan jumlah penduduk laki-laki dengan warna biru dan penduduk perempuan dengan warna orange. Dilihat dari piramida penduduk Maluku, secara umum jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari pada perempuan meski tidak dengan selisih yang mencolok. Tetapi, jika dikaji berdasarkan rentang umur, sex ratio nya akan lebih bervariasi, tidak selalu laki-laki lebih banyak dari perempuan Tabel 2.2.1. Rasio Jenis Kelamin Provinsi Maluku dirinci menurut Kabupaten/Kota Sumber : malukubps.go.id Dari tabel 2.2.1. terlihat bahwa sex ratio provinsi Maluku dari tahun 2000 sampai 2010 selalu
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Image of page 4
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes