Manajemen Pengadaan.docx - Manajemen Pengadaan A Sejarah Singkat Manajemen Pengadaan Tahun 1970-an perusahaan cenderung menilai bahwa bagian pengadaan

Manajemen Pengadaan.docx - Manajemen Pengadaan A Sejarah...

This preview shows page 1 - 2 out of 5 pages.

Manajemen Pengadaan A. Sejarah Singkat Manajemen Pengadaan Tahun 1970-an, perusahaan cenderung menilai bahwa bagian pengadaan memiliki peran pasif dalam organisasi bisnis, dan pada dasarnya adalah kegiatan administratif dan tidak memiliki banyak muatan strategis. Tahun 1980-an pandangan tersebut mulai berubah. Hal ini didorong oleh persaingan yang semakin ketat sehingga pelaku bisnis mulai sadar bahwa efisiensi dan value creation tidak hanya perlu dilakukan di bagian produksi, namun juga di bagianbagian lain termasuk salah satunya bagian pengadaan. Bagian pengadaan sangat relevan terutama di berbagai perusahaan manufaktur dimana persentasi ongkos-ongkos material bisa mencapai antara 40% – 70% dari ongkos sebuah produk akhir. Menunjukkan bahwa efisiensi di bagian pengadaan bisa memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi peningkatan keuntungan (profit) sebuah perusahaan. Project Procurement Management (Manajemen Pengadaan Proyek) Pengadaan adalah proses memperoleh barang ataupun jasa dari pihak di luar organisasi. Manajemen Pengadaan adalah proses –proses yang dilakukan untuk mendapatkan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan sebuah proyek dari luar organisasi yang “didukungnya”. Tahapan Manajemen Pengadaan a) Perencanaan pembelanjaan dan pengadaan Proses menentukan apa yang dibutuhkan, kapan dibutuhkan dan bagaimana proses pengadaannya. Dalam perencaan ini harus diputuskan apa yang harus diambil dari luar, tipe kontrak dan menggambarkan kerja yang harus dilakukan oleh distributor kelak. b) Perencanaan kontrak kerja sama Proses menggambarkan kebutuhan produk atau servis yang diperlukan, yang digambarkan dalam RFP, kriteria evaluasi dan SOW. c) Permintaan respon dari distributor Proses memperoleh informasi, tanggapan, penawaran atau proposal dari penjual d) Memilih Distributor Proses memilih suplier yang paling potensial melalui proses analisis suplier potensial dan negosiasi e) Administrasi kontrak kerja sama Formalisasi pernyataan kerja sama f) Penutupan Kontrak Rencana Pengadaan, Alat dan Teknik Rencana Manajemen Pengadaan Informasi yang terkandung di dalamnya : a) Tuntunan tipe kontrak yang akan digunakan dalam berbagai situasi. b) Template yang akan digunakan untuk dokumen-dokumen manajeman pengadaan (mis RFP, SOW, dsb). c) Tuntunan untuk membuat struktur WBS bagi supplier. d) Peran dan Tanggung jawab setiap anggota tim proyek. e) Tuntunan untuk menggunakan estimasi independen yang akan digunakan pada saat mengevaluasi penjual/distributor. f) Saran dalam mengelola multiple providers. g) Proses untuk koordinasi keputusan pengadaan. h) Hambatan dan asumsi berkaitan dengan pembelanjaan dan perolehan. i) Waktu terawal untuk belanja. j) Strategi menghambat resiko dalam pembelanjaan. k) Tuntunan untuk mengidentifikasi prequalified supplier.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Image of page 2
  • Spring '19
  • Herti Yani

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes