Sistem Informasi Akuntansi.docx - Sistem Informasi Akuntansi Tinjauan pengantar Kami memulai bab ini dengan menjelaskan istilah-istilah penting dan

Sistem Informasi Akuntansi.docx - Sistem Informasi...

This preview shows page 1 - 3 out of 15 pages.

Sistem Informasi Akuntansi: Tinjauan pengantar Kami memulai bab ini dengan menjelaskan istilah-istilah penting dan membahas jenis informasi yang dibutuhkan organisasi dan proses bisnis yang digunakan untuk menghasilkan informasi itu. Kami melanjutkan dengan eksplorasi apa itu sistem informasi akuntansi (AIS), bagaimana AIS menambah nilai bagi organisasi, bagaimana AIS dan strategi perusahaan saling mempengaruhi, dan peran AIS dalam rantai nilai. Suatu sistem adalah sekumpulan dua atau lebih komponen yang saling terkait yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sebagian besar sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil yang mendukung sistem yang lebih besar. Sebagai contoh, sebuah perguruan tinggi bisnis adalah sistem yang terdiri dari berbagai departemen, yang masing-masingnya merupakan subsistem. Apalagi perguruan tinggi itu sendiri merupakan subsistem dari universitas. Setiap subsistem dirancang untuk mencapai satu atau lebih tujuan organisasi. Perubahan dalam subsistem tidak dapat dilakukan tanpa mempertimbangkan efek pada subsistem lain dan pada sistem secara keseluruhan. Konflik sasaran terjadi ketika sasaran subsistem tidak konsisten dengan sasaran subsistem lain atau dengan sistem secara keseluruhan. Kesesuaian tujuan terjadi ketika subsistem mencapai tujuannya sambil berkontribusi pada tujuan keseluruhan organisasi. Semakin besar organisasi dan semakin rumit sistemnya, semakin sulit mencapai kesesuaian tujuan. Data adalah fakta yang dikumpulkan, direkam, disimpan, dan diproses oleh sistem informasi. Bisnis perlu mengumpulkan beberapa jenis data, seperti aktivitas yang terjadi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas, dan orang-orang yang berpartisipasi dalam aktivitas tersebut. Misalnya, bisnis perlu mengumpulkan data tentang penjualan (tanggal, jumlah total), sumber daya yang dijual (barang atau jasa, jumlah yang terjual, harga satuan), dan orang-orang yang berpartisipasi (pelanggan, tenaga penjualan). Informasi adalah data yang telah disusun dan diproses untuk memberikan makna dan meningkatkan proses pengambilan keputusan. Sebagai aturan, pengguna membuat keputusan yang lebih baik karena kuantitas dan kualitas informasi meningkat.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Namun, ada batasan jumlah informasi yang dapat diserap dan diproses oleh pikiran manusia. Kelebihan informasi terjadi ketika batasan-batasan itu dilewati, mengakibatkan penurunan kualitas pengambilan keputusan dan peningkatan biaya penyediaan informasi tersebut. Perancang sistem informasi menggunakan teknologi informasi (TI) untuk membantu para pembuat keputusan lebih efektif menyaring dan memadatkan informasi. Misalnya, Walmart memiliki lebih dari 500 terabyte (triliunan byte) data di gudang datanya. Itu setara dengan 2.000 mil rak buku, atau sekitar 100 juta foto digital. Walmart telah banyak berinvestasi di bidang TI sehingga dapat secara efektif mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan mengelola data untuk memberikan informasi yang bermanfaat.
Image of page 2
Image of page 3
  • Spring '18
  • ME

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes