BAB II. PARIWISATA.docx - BAB II PARIWISATA A Kompetensi Inti Memahami dan menganalisis bidang pariwisata jasa boga B Kompetensi Dasar 1 Mendeskripsikan

BAB II. PARIWISATA.docx - BAB II PARIWISATA A Kompetensi...

This preview shows page 1 - 3 out of 7 pages.

BAB II PARIWISATA A. Kompetensi Inti Memahami dan menganalisis bidang pariwisata jasa boga B. Kompetensi Dasar 1. Mendeskripsikan usaha-usaha daya tarik wisata 2. Mendeskripsikan dampak dan kondisi industri pariwisata 3. Memahami jenis dan karakteristik wisatawan nusantara dan mancanegara C. Uraian Materi 1. Usaha-Usaha Daya Tarik Wisata Daya tarik wisata adalah sifat yang dimiliki oleh suatu obyek berupa keunikan, keaslian, kelangkaan, lain dari pada yang lain, memiliki sifat yang menumbuhkan semangat dan nilai bagi wisatawan. Industri jasa boga adalah industri yang bergerak dalam bidang penyediaan makanan dan minuman, yang dikelola secara komersial. Jenis usaha ini dapat dibedakan dalam manajemennya, yaitu cara pengelolaannya, apakah dikelola secara mandiri maupun terkait dengan usaha lain. Industri yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman ini merupakan industri yang paling menjanjikan karena seperti dikatakan banyak orang dalam berwisata, orang boleh menahan diri untuk tidak membeli pakaian atau jenis sandang lainnya tetapi tidak ada wisatawan yang dapat menahan untuk tidak makan dan minum. Di samping itu pula industri makanan dan minuman ini juga banyak dikonsumsi atau dibeli untuk kenangan sebagai oleh- oleh dan buah tangan menandakan telah melakukan wisata. Suatu daerah dikatakan memiliki daya tarik wisata bila memiliki sifat: • Keunikan, contoh: bakar batu (di Papua) sebuah cara masak tradisional mulai dari upacara memotong hewan sampai membakar daging, sayuran dan umbi/talas yang disekam dalam lubang, ditutup batu lalu dibakar, serta keunikan cara memakan masakan tersebut. • Keaslian, alam dan adat yang dilakukan sehari-hari, dalam berpakaian dan kehidupan keluarga dimana seorang perempuan lebih mengutamakan menggendong babi yang dianggapnya sangat berharga dari pada menggendong anak sendiri. • Kelangkaan, sulit ditemui di daerah/negara lain. • Menumbuhkan semangat dan memberikan nilai bagi wisatawan. Sebuah daerah dikatakan layak dikunjungi wisatawan, bila ada tiga kegiatan yang dapat dilakukan di tempat tersebut, yaitu:
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

• Sesuatu yang dapat dilihat, seperti keindahan /keunikan alam, bangunan bersejarah, kesenian/budaya setempat. • Sesuatu yang dapat dilakukan, naik sampan, mencoba makanan tradisional, menari dengan penari lokal, naik kuda/gajah, dll. • Sesuatu yang dapat dibeli, untuk memenuhi kebutuhan wisatawan untuk berbelanja, seperti souvenir dan kerajinan rakyat yang dianggap para wisatawan sebagai barang yang menarik sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tempat asal masing-masing Usaha Sarana Pariwisata meliputi antara lain: • Penyediaan akomodasi adalah usaha penyediaan kamar dan fasilitas lain serta pelayanan yang diperlukan. • Penyediaan makanan dan minuman adalah usaha pengolahan, penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman yang dapat dilakukan sebagai bagian dari penyediaan akomodasi ataupun sebagai usaha yang berdiri sendiri.
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '18
  • jane

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes