ANALISIS-POTENSI-ENERGI-ANGIN-SEBAGAI-ENERGI-ALTERNATIF-PEMBANGKIT-LISTRIK-DI-KOTA-GORONTALO (1).doc - ANALISIS ENERGI ANGIN SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF

ANALISIS-POTENSI-ENERGI-ANGIN-SEBAGAI-ENERGI-ALTERNATIF-PEMBANGKIT-LISTRIK-DI-KOTA-GORONTALO (1).doc

This preview shows page 1 - 3 out of 15 pages.

ANALISIS ENERGI ANGIN SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF PEMBANGKIT LISTRIK DI KOTA DI GORONTALO Raghel Yunginger 1 , Nawir. N.Sune 2 1 Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo 2 Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Adanya krisis energy listrik di Kota Gorontalo semakin menggangu aktivitas di berbagai sektor. Sebagai wilayah pusat pemerintah dan perekonomian, maka seharusnya Kota Gorontalo memiliki energy listrik yang stabil sehingga dapat memperlancar roda kegiatan pemerintahan dan ekonomi. Saat ini sumber energy listrik yang digunakan oleh PLN masih menggunakan energy konvensional atau energy bersumber bahan bakar fosil. Sementara jumlah energy ini semakin langka dan harganya pun semakin mahal. Akibatnya aktivitas masyarakat dan industri, termasuk dunia pendidikan, pemerintahan dan bidang usaha lainnya yang bergantung pada penggunaan energi listrik menjadi terganggu. Oleh karena itu dalam penelitian ini telah dilakukan analisis potensis energi angin sebagai energi alternatif untuk membangkitkan energi listrik. Penelitian ini diharapkan menjadi informasi awal tentang potensis energi angin yang memungkingkan untuk dimanfaatkan dalam mengurangi krisis energi listrik. Metode yang telah digunakan adalah metode survey dengan melakukan pengukuran langsung kecepatan angin dan arah angin yang menggunakan AWS. Pengukuran dilakukan selama 3 (tiga) bulan yaitu bulan Juni, Juli, dan Agustus sepanjang 24 jam sehingga didapat variabilitas kecepatan angin. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan menggunakan metode analitik untuk menghitung besar energy kinetic, potensi energy angin dan konversinya ke energy listrik. Dari hasil pengukuran dan analisis analitik diperoleh bahwa Kota Gorontalo memiliki kecepatan angin berkisar 2,75-5 m/det, dan kecepatan angin terbesar pada Bulan Agustus yaitu 5 m/det dengan arah angin Timur Laut,Ttimur-Timur Laut dan Timur Tenggara. Pada siang hari yaitu mulai pukul 11.00 AM, 12.00-06.00 PM kecepatan angin lebih besar dibandingkan pada malam hari. Jadi terdapat 8 jam potensi kecepatan angin yang cukup tinggi. Dari hasil analitik menunjukkan bahwa potensi energy angin di Kota Gorontalo berkisar 512,27-2954,59, dan konversi energy listrik berkisar 3,23-18,61 watt/m 2 . Potensi energy angin di Kota Gorontalo ini termasuk dalam kelompok potensi sedang yang berarti tetap dapat dimanfaatkan dengan menggunakan teknologi desain kincir seperti listrik hybrid (diesel-angin). Keywords : Kecepatan Angin, Energi Angin, Energi alternative, Energi listrik I. Pendahuluan pasokan energy listrik di Kota Gorontalo saat ini sudah sangat menggangu kelancaran Saat ini Provinsi Gorontalo termasuk aktivitas masyarakat. Pemerintah Provinsi Kota Gorontalo sangat bergantung pada Gorontalo menempuh kebijakan dengan energy listrik PLN yang bersumber dari pemadaman listrik yang bergilir, bahkan PLTD yang menggunakan BBM. Kondisi terkadang sistem pemadaman makin 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

signifikan frekuensinya yang sangat menghambat berbagai ativitas masyarakat dan pemerintah di berbagai sektor.
Image of page 2
Image of page 3
  • Winter '19
  • ....

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes