63-141-1-PB.pdf - Analisis dan Perancangan Metode Subnetting Hybrid Fixed Length Subnet Masking(HFLSM Daniel S Bataona Gloria Ch Manulangga Jurusan

63-141-1-PB.pdf - Analisis dan Perancangan Metode...

This preview shows page 1 - 2 out of 9 pages.

Jurnal Cybermatika | Vol. 2 No. 2 | Desember 2014 | Artikel 2 7 Analisis dan Perancangan Metode Subnetting : Hybrid Fixed Length Subnet Masking (HFLSM) Daniel S. Bataona Jurusan Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan Politeknik Negeri Kupang Kupang, Indonesia [email protected] Gloria Ch. Manulangga Jurusan Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan Politeknik Negeri Kupang Kupang, Indonesia [email protected] ABSTRAK Dengan melakukan subnetting , alamat network dapat dipecah menjadi beberapa blok subnet yang lebih kecil dengan menyesuaikan kebutuhan alamat host atau blok subnet . Terdapat beberapa metode subnetting yang dikenal yakni FLSM dan VLSM . Pada penerapan contoh kasus pada penelitian ini, hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan metode VLSM dengan presentasi segi efektif dan efisien sebesar 43% dibandingkan dengan metode subnetting FLSM. Dengan contoh kasus yang sama akan coba diterapkan suatu teknik baru yakni AFLSM . Teknik ini mampu mengurangi jumlah host yang terbuang lebih baik dibanding VLSM , namun teknik ini tidak bersifat generik dan hanya dapat diterapkan pada beberapa kasus tertentu. Teknik ini juga menggunakan pola subnet mask yang membingungkan dan tidak sesuai dengan standard nilai CIDR . Untuk mengatasi kekurangan yang dialami oleh AFLSM , pada penelitian ini diusulkan suatu teknik baru yaitu HFLSM . Teknik HFLSM ini merupakan suatu teknik hasil gabungan atau kombinasi dari VLSM dan AFLSM . Teknik HFLSM menggunakan pola kalkulasi management pengalamatan IP seperti AFLSM namun dengan sedikit penambahan beberapa rule. Sedangkan dalam penggunaan subnet mask , teknik ini menggunakan pola penggunaan subnet mask yang dimiliki VLSM sehingga penggunaan subnet mask pada alamat IP tidak akan terjadi overlap antar yang satu dengan yang lain dan sesuai standard nilai CIDR . HFLSM lebih bersifat generik jika dibandingkan dengan AFLSM karena penerapan HFLSM dapat dilakukan pada beberapa contoh kasus yang berbeda. HFLSM juga memiliki kemampuan pengurangan alamat IP yang terbuang atau tidak digunakan, lebih baik daripada VLSM . Kata Kunci Subnetting , VLSM, AFLSM, HFLSM 1. PENDAHULUAN Permasalahan yang terjadi dalam sebuah jaringan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor pemicunya adalah jika dalam suatu jaringan yang saling terhubung, terdapat begitu banyak host atau komputer yang saling terhubung dan bekerja secara bersamaan, maka kemungkinan untuk terjadi gangguan lalu lintas data sangatlah besar, hal ini bisa memicu terjadinya peningkatan kongesti/ jumlah transaksi data yang melebihi kapasitas kemampuan perangkat atau kemampuan jalur akses. Permasalahan seperti ini dapat diatasi dengan salah satunya adalah melakukan pembagian jaringan dengan cara membagi suatu jaringan yang memiliki jumlah host yang besar menjadi beberapa blok jaringan dengan jumlah host yang lebih sedikit.
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

Image of page 2
  • Spring '16
  • Dosen BSI

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes