the main.docx - BAB I PENDAHULUAN I Latar Belakang Masalah Pada awalnya konsep yang dikenal dalam kajian kebutuhan hanyalah sekedar kebutuhan primer dan

the main.docx - BAB I PENDAHULUAN I Latar Belakang Masalah...

This preview shows page 1 - 3 out of 24 pages.

BAB I PENDAHULUAN I. Latar Belakang Masalah Pada awalnya konsep yang dikenal dalam kajian kebutuhan hanyalah sekedar kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Secara singkatnya kebutuhan primer adalah kebutuhan yang sangat harus terpenuhi, artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Contoh: sandang, pangan, papan, pekerjaan. Sedangkan kebutuhan sekuder adalah kebutuhan yang pemenuhannya akan dilaksanakan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh: pendidikan, pariwisata, rekreasi. Namun seiring berjalannya waktu, sebagian masyarakat telah mampu mencukupi kebutuhan primer dan sekunder dan mulai mencukupi kebutuhan tersier sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Secara singkatnya Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Contoh: mobil, motor, komputer, handphone , i-pad . Dan terkadang kebutuhan tersier ini dapat merangkap menjadi kebutuhan sekunder yang harus dimiliki oleh setiap orang. Selain itu, prestise ketika memiliki sesuatu yang dianggap berharga dalam masyarakat meningkatkan kecenderungan untuk menginvestasikan sebagian kekayaan kedalam bentuk kebutuhan tersier seperti yang telah diuraikan pada penjelasan diatas. Biasanya jenis barang yang akan dibeli dalam konteks kebutuhan tersier ini memiliki nilai keindahan atau hanya sekedar pelengkap dan cenderung tidak memiliki fungsi yang bersifat penting. Hal seperti penjelasan diatas juga bisa dijumpai pada golongan pelajar terutama siswa SMA yang biasanya mendapatkan jatah uang bulanan diatas Rp 200.000,-. Faktor prestise memiliki sesuatu yang dianggap berharga pada kalangan ini cenderung lebih tinggi. Seorang 1
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

siswa cenderung akan merasa bangga apabila memiliki sesuatu yang mahal dan tidak dimiliki oleh siswa lainnya. Bentuk pertama dari fenomena ini adalah, trend dikalangan siswa SMA Negeri 1 Pangkalpinang untuk memiliki alat komunikasi yaitu handphone dengan performa perangkat terbaik dan memiliki desain yang unik. Kebanyakan dari pengguna alat komunikasi handphone cenderung membutuhkan aksesoris pelindung handphone yang dinamakan handphone case untuk melindungi handphone dari goresan, debu, dan melindungi handphone saat terjatuh. Bentuk kedua dari fenomena ini adalah, kebutuhan akan benda- benda yang dianggap memiliki nilai keindahan yang dapat dijumpai dalam kotak pensil dan buku catatan dengan desain dan ukuran yang menarik. Walaupun secara fungsi semua kotak pensil akan berfungsi sebagai tempat menyimpan alat tulis dan buku secara umum akan diartikan sebagai lembaran kertas yang digunakan untuk menulis, nilai keindahan yang disajikan beberapa produk cenderung akan mempengaruhi minat siswa untuk memiliki barang tersebut.
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19
  • Bu Anis

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes