Mila Nia Adila (18313312).docx - Mila Nia Adila(18313312...

This preview shows page 1 - 3 out of 8 pages.

Mila Nia Adila (18313312) Judul Jurnal : Kajian Kebijakan Pengampunan Pajak dengan Pendekatan Eksperimental Volume : Vol. 19 No. 1 Januari 2019: 21–48 Tahun : 2019 Penulis : Benny Robby Kurniawana, Bambang Juandaa & Toni Bakhtiar Pendahuluan Permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Indonesia mengenai pemungutan pajak adalah masih banyak Wajib Pajak (WP) yang tidak sadar akan kewajiban pajaknya. Warga negara Indonesia juga banyak yang menyimpan hartanya di luar negeri sebagai upaya menghindari pajak. Rendahnya tingkat kepatuhan pajak ini yang membuat penerimaan pajak di Indonesia tidak pernah mencapai target. Pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo, dibutuhkan suatu upaya pemerintah untuk menaikkan penerimaan pajak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pengampunan pajak (tax amnesty). Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak, pengampunan pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan cara mengungkap harta yang sebelumnya belum dilaporkan dan membayar uang tebusan. Tujuan terpenting dari pengampunan pajak adalah memperbaiki sikap atau perilaku WP yang semula tidak patuh menjadi wajib pajak patuh di masa depan, sehingga akan meningkatkan kepatuhan dan pendapatan pajak jangka panjang (Lerman, 1986; Leonard dan Zeckhausher, 1987). Beberapa peneliti yang melakukan penelitian tentang kepatuhan wajib pajak dalam kebijakan pengampunan pajak dengan menggunakan percobaan, menyimpulkan bahwa faktor-faktor penting yang dapat memengaruhi kepatuhan adalah denda, peluang pemeriksaan, dan peluang akan terjadi pengampunan pajak di kemudian hari (Alm et al., 1990; Rechbergeret al., 2010). Adanya dampak yang berbeda-beda akibat diterapkannya kebijakan pengampunan pajak terhadap kepatuhan pajak di suatu negara, maka dibutuhkan penelitian yang mengkaji faktor-faktor apa saja yang dapat menentukan keberhasilan kebijakan ini. Tujuan
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

1. Mengkaji bagaimana pengaruh dari ekspektasi, periode tarif, denda, dan pemeriksaan terhadap keikutsertaan wajib pajak pada kebijakan pengampunan pajak 2. Mengkaji bagaimana pengaruh dari ekspektasi, periode tarif, denda, dan pemeriksaan terhadap unit harta yang dilaporkan wajib pajak pada kebijakan pengampunan pajak 3. Mengkaji bagaimana pengaruh dari ekspektasi, periode tarif, denda, dan pemeriksaan terhadap nilai harta yang dilaporkan wajib pajak pada kebijakan pengampunan pajak Tinjauan Literatur Pengampunan pajak Latar belakang suatu negara menerapkan kebijakan ini karena maraknya kegiatan underground economy. Kebijakan pengampunan pajak merupakan cara untuk mendapatkan pendapatan dari sektor pajak yang kontroversial (Alm et al., 2009). Keberhasilan dari kebijakan pengampunan pajak tidak hanya ditentukan pada jangka pendek tetapi juga dilihat kepatuhan jangka panjang sebagai indikator keberhasilan. Banyak faktor yang memengaruhi kepatuhan seseorang yang berkaitan dengan perilaku masyarakat yang beragam, yang juga dipengaruhi oleh agama, norma, budaya, dan lain-lain. Pemerintah perlu memperhatikan
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes