KURIKULUM INDONESIA.docx - Sejarah Kurikulum Pendidikan di...

  • No School
  • AA 1
  • 10

This preview shows page 1 - 3 out of 10 pages.

Sejarah Kurikulum Pendidikan di Indonesia 1. Perkembangan Kurikulum Sebelum Kemederkaan a. Kurikulum Masa Penjajahan Belanda 1) Sistem pendidikan Islam yang dislenggarakan di pesantren 2) Sistem pengajaran Belanda Sistem pendidikan Belanda diatur dengan prosedur yang ketat dari mulai aturan siswa, pegajar, sistem pengajaran dan kurikulum. Sistem prosedural seperti ini sangat berbeda dengan sistem pendidikan Islam yang dikenal sebelumnya. Sistem pendidikan pun bersifat diskriminatif. Pemerintah kolonial sebenarnya tidak berniat mendirikan universits, tetapi akhinya mereka mendirikan universitas untuk kebutuhan mereka sendiri. Agar tidak banyak bangsa Indonesia yang bersekolah yang lebih inggi, maka biaya kuliah pun dibuat sangat besar. Kurikulum pendidikan Belanda didesain untuk melestarikan penjajahan di Indonesia atau dikenal sebagai kebudayaan Belanda, hanya menekankan pada menulis dengan rapi, membaca dan berhitung. Anak-anak zaman itu tidak diperkenalkan dengan budayanya sendiri dan potensi bangsanya. 3) Sekolah yang dikebangkan tokoh pendidikan seperti KH Ahmad Dahlan dan Ki Hajar Dewantara KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah yang menggunakan sistem pendidikan barat dengan menambahkan pelajaran Islam. Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa dengan membuat sistem pendidikan yang berakar pada budaya dan filosofi hidup Jawa, yang kemudian dianggap sebagai sistem pengajaran dan pendidikan nasional. b. Kurikulum Masa Penjajahan Jepang Pada masa Jepang, pendidikan diarahkan untuk menyediakan prajurit yang siap perang di perang Asia Timur Raya. Penggolongan sekolah berdasarkan status sosial yang dibangun Belanda dihapuskan. Pendidikan hanya digolongkan pada pendidikan dasar (Kokmin Gakko) 6 tahun, pendidikan menengah petama (Shoto Gakko), pendidikan menengah tinggi (Koto Chu Gako) yang masing-masng tiga tahun serta pendidikan tinggi. Pada masa peralihan dari Jepang ke Sekutu, ketika proklamasi dikumandangkan dibentuklah Panitia Penyelidik Pengajaran RI yang
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

dipimpin oleh Ki Hajar Dewantara. Lembaga ini melahirkan rumusan pertama sistem pendidikan nasional, yakni pendidikan bertujuan menekankan pada semangat dan jiwa patriotisme. Kemudian disusun pula pembaruan kurikulum pendidikan dan pengajaran. Kurikulum sekolah dasar lebih mengutamakan pendekatan filosofis-ideologis. Pada masa penjajahan Jepang sudah dirintis jenjang pendidikan seperti saat ini yaitu pendidikan dasar (SD 6 tahun), SMP 3 tahun, SMA 3 tahun dan perguruan tinggi. 2. Perkembangan Kurikulum Setelah Kemederkaan a. Masa Orde Lama (tahun 1947-1964) 1) Kurikulum 1947 Kurikulum pertama di masa kemerdekaan yaitu Rencana Pelajaran 1947. Ketika itu penyebutan lebih populer menggunakan Leer Plan (Rencana pelajaran) ketimbang istilah Curriculum dalam bahasa inggris. Rencana pelajaran 1947 bersifat politis, yang tidak mau lagi melihat dunia pendidikan masih menerapkan kurikulum belanda, yang orientasi pendidikan dan pengajarannya di tujukan untuk kepentingan kolonialis belanda. Rencana pelajaran 1947 ini lebih mengutamakan
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes