EKOPER TGS II.docx - I Profil Koperasi Nama koperasi KOPKAR...

  • No School
  • AA 1
  • 35

This preview shows page 1 - 5 out of 35 pages.

Image of page 1

Subscribe to view the full document.

I. Profil Koperasi Nama koperasi : KOPKAR Puspita Kencana Badan hukum : 154/BH/KWK9/V/1995 Tanggal : 26 September 1982 Alamat : Jln. Kenanga Indah Rt. 05/05 No. 54, Jatirangron Jatisampurna, Kota Bekasi jl. Kenanga indah rt 05/05 Tlp./Fax : (021) 84301266 II. Sejarah singkat Puspita Kencana berdiri 26 September 1982, awalnya merupakan Koperasi Kredit. Koperasi Kredit PK didirikan oleh GURU-GURU STRADA yang bertugas di Kampung Sawah, Cakung dan Nawar. PUSPITA KENCANA akronim dari: – PUS : Pusat PI : Pikiran – TA : Kita – KEN : Luncuran dari KAM – CA : Cakung – NA : Nawar Pusat Pikiran Kita dari para Guru/karyawan Strada yang bertugas di Kampung Sawah, Cakung dan Nawar. Makna Lain PUSPITA artinya bunga dan KENCANA artinya emas. Jadi, Puspita Kencana adalah gerakan ekonomi yang berlandaskan pada nilai-nilai keluarga yang bahagia sejahtera, menjadi barometer koperasi lain. Pada tahun 1995 berbadan hukum sebagai Koperasi Karyawan, Puspita Kencana merupakan Koperasi Primeryang berpayung PUSKOPDIT dan INKOPDIT, dengan Badan Hukum 154/BH/KWK9/V/1995, Anggota DAPERMA sebanyak 182 dan Anggota PUSKOPDIT sebanyak 025. Yang cukup membanggakan bahwa Puspita Kencana menjadi salah satu pendiri Puskopdit.
Image of page 2
III. Cakrawala Baru Sejak tahun 2000 Puspita Kencana membuka diri untuk menerima anggota dari MASYARAKAT UMUM, dan Yayasan/Instansi lain, sejak tahun ini keanggotaan dikelompokkan menjadi ANGGOTA ASLI DAN ANGGOTA BAWAAN. Anggota asli terdiri dari Guru Karyawan Strada, sedangkan anggota bawaan terdiri dari Non Guru Karyawan Strada. Namun istilah asli dan bawaan kini diganti menjadi anggota biasa dan anggota luar biasa. IV. Nilai yang dikembangkan Puspita Kencana menghayati dan menghidupi nilai-nilai anggota yang bahagia dan sejahtera yang anggotanya: a. Saling mengenal b. Saling percaya c. Saling mendukung d. Saling membantu Nilai pengorbanan, keteguhan hati, antusias, berpengharapan, kerja keras menjadi nafas dan gaya hidupnya, menempatkan nilai kejujuran di atas keutamaan nilai-nilai lainnya untuk merebut kepercayaan dari anggota. Salah satu usaha yang dijalankan pengurus untuk mewujudkan nilai tersebut adalah dengan mengikutsertakan seluruh anggota dalam RAT, walaupun jumlah anggota telah mencapai 1.827 orang. V. Jenis Usaha dan Besar Pinjaman Jenis usaha : Simpan pinjam Besar pinjaman : a. Reguler : Rp. 50.000.000,- b. Diatas pagu : Rp. 200.000.000,- VI. Perkembangan dari Tahun ke Tahun Menurut data dan fakta, sejak berdirinya 26 September 1982 Kopkar Puspita Kencana sampai tahun 2009 menerapkan system perkantoran “nomaden”, yaitu berkantor dari Sekolah ke Sekolah dari SD Strada kampung Sawah ke Komplek Strada Nawar dan sebaliknya dari Nawar ke Kampung Sawah. Setelah Puspita Kencana membeli tanah dan bangunan pada bulan November 2009 dengan laus tanah 629 m² dan luas bangunan 150 m², maka barulah berkantor tetap sampai saat ini. Dari perkembangan jumlah anggota dan asetpun mengalami
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

perkembangan yang sangat membanggakan. Hal ini juga tidak terlepas dari pemotivasian yang diberikan oleh Pengurus Puskopdit dan kerja keras dari semua jajaran Kopkar Puspita Kencana baik Pengurus, Pengawas, Komisaris dan seluruh anggota. Sekedar sebagai contoh
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes