BAB II Tugas Akhir.pdf - BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Landasan Teori Tahapan dari pelaksanaan konstruksi jalan meliputi tahap produksi campuran tahap

BAB II Tugas Akhir.pdf - BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1...

This preview shows page 1 - 3 out of 20 pages.

5 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Landasan Teori Tahapan dari pelaksanaan konstruksi jalan meliputi tahap produksi campuran, tahap persiapan lapangan, tahap pengangkutan campuran, tahap penghamparan dan tahap pemadatan di lapangan. Produksi campuran beraspal dilakukan di instalasi pencampur atau disebut AMP (Asphalt Mixing Plant) dengan menggunakan spesifikasi yang telah disyaratkan. Kemudian campuran tersebut diangkut oleh kendaraan yang bersih, dengan dinding bak tertutup agar panasnya tidak hilang. Bagian atas campuran harus ditutup ketika diangkut, atau ketika saat menunggu penuangan. Bagian dalam bak pengangkut dapat dilumuri oleh abu batu, abu batu yang terselimuti aspal, atau air sesedikit mungkin agar campuran beraspal tidak melekat pada dinding bak. Dalam proses pengangkutan campuran kemungkinan terjadi perubahan cuaca, misalnya gerimis, hujan atau perubahan suhu pada suatu daerah yang relatif dingin sehingga campuran beraspal tersebut bisa mengalami penurunan suhu. Kondisi ini menyebabkan campuran beraspal tersebut tidak dapat dihamparkan pada lokasi pembangunan jalan karena suhu campuran berada dibawah suhu penghamparan dan pemadatan. Menurut ketentuan, campuran beraspal yang telah mengalami penurunan suhu tidak dapat digunakan lagi karena tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Tetapi kenyataan yang banyak terjadi di lapangan adalah penghamparan tetap dilakukan dan diikuti dengan tahap selanjutnya yaitu pemadatan. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu menganalisa seberapa berpengaruh penurunan suhu pada campuran lapis aspal beton. 2.2 Pengertian Beton Aspal Aspal beton ( hotmix ) adalah campuran agregat halus dengan agregat kasar, dan bahan pengisi ( filler ) dengan bahan pengikat aspal dalam kondisi
Image of page 1
6 suhu panas tinggi. Dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi teknis. Menurut Bambang Irianto (1988) dan Silvia Sukirman (1999), aspal beton adalah suatu bahan yang terdiri dari campuran antara batuan (agregat kasar dan agregat halus) dengan bahan ikat aspal yang mempunyai persyaratan tertentu, dimana kedua material sebelum dicampur secara homogen, harus dipanaskan terlebih dahulu. Karena dicampur dalam keadaan panas, maka sering disebut sebagai hotmix . Dalam campuran aspal harus dipanaskan untuk memperoleh tingkat kecairan (viskositas) yang tinggi agar dapat menghasilkan mutu campuran yang baik dan kemudahan dalam pelaksanaan. Pemilihan jenis aspal yang akan digunakan ditentukan atas dasar iklim cuaca, kepadatan volume lalu lintas, dan jenis kontruksi yang akan digunakan. Menurut Bina Marga (2012), aspal beton secara luas digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas berat, sedang, ringan, dan lapangan terbang, dalam kondisi segala macam cuaca. Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan aspal beton mempunyai beberapa jenis antara lain : a. Binder Course (BC) dengan tebal minimum 4 cm biasanya digunakan sebagai lapis kedua sebelum wearing course .
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 20 pages?

  • Summer '14
  • Erika

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes