Memahami Problematika Kesehatan Mental Remaja dan Dewasa Muda.docx - Memahami Problematika Kesehatan Mental Remaja dan Dewasa Muda Satu pandangan yang

Memahami Problematika Kesehatan Mental Remaja dan Dewasa Muda.docx

This preview shows page 1 - 2 out of 4 pages.

Memahami Problematika Kesehatan Mental Remaja dan Dewasa Muda Satu pandangan yang cukup berbahaya dan dangkal terhadap problematika kesehatan mental adalah menganggap isu tersebut sebagai ‘gangguan’ yang bersifat sekunder. Artinya, sering sekali melihat permasalahan tersebut sebagai permasalahan yang tidak penting. Hal ini terutama dikarenakan oleh sifat gangguan mental yang lebih mudah disembunyikan dan tidak selalu tampak jelas dari luar, atau dampaknya yang tidak terlalu terasa secara langsung. Akan tetapi, jangan salah paham. Gangguan mental memiliki kategori dan spektrum yang luas, artinya banyak sekali jenis dan tingkatannya. Berbeda kelompok, berbeda situasi, dan berbeda status sosio-ekonomi, berbeda pula kerentanan terhadapnya. Dalam artikel ini, kita akan memfokuskan pembahasan pada salah satu kelompok masyarakat yang paling rentang terhadap isu kesehatan mental, yaitu kelompok remaja dan dewasa muda yang berjumlah sekitar 40% dari populasi Indonesia. Artikel ini bukan bermaksud menguliahi pembaca (seperti artikel ilmiah atau fact sheet tentang betapa besarnya isu kesehatan mental untuk remaja, melainkan justru mengajak pembaca untuk berdiskusi dan memicu rasa ingin tahu lebih banyak. Sebenarnya, seberapa marak gangguan mental yang melanda remaja Indonesia? Di negara maju, prevalensi problematika kesehatan mental tercatat dengan baik, sehingga berapa banyak populasi yang mengalami gangguan kesehatan mental bisa diestimasi dengan akurat. Berbeda dengan di Indonesia, sayangnya, karena tingkat kepedulian baik dari masyarakat umum maupun pemerintah masih tergolong rendah, orang dengan masalah kejiwaan atau ODMK remaja di Indonesia masih belum terdata dengan jelas. Apa akibatnya? Akibatnya yang paling terlihat jelas adalah baru munculnya minat yang relatif lebih tinggi dalam 2-3 tahun belakangan ini terhadap isu tersebut. Pembaca yang sering menonton dan membaca berita mungkin baru belakang ini lebih banyak mendengar banyak kasus terlapor seperti remaja bunuh diri, lari dari rumah, berita tentang depresi, dan berita lainnya. Tapi jumlah sebenarnya ibarat gunung es, hanya kelihatan saja yang terlapor, padahal sangat banyak kasus yang tidak muncul di pemberitaan. Media sosial dan gangguan kesehatan mental Bukan berarti gangguan kesehatan mental hanya ada baru-baru ini, atau marak belakangan, melainkan merupakan wabah yang ada semenjak dulu dan mempengaruhi banyak orang. Hanya saja, salah satu faktor pemberitaan yang lebih vokal belakangan ini dikarenakan munculnya banyak organisasi dan komunitas yang peduli kesehatan mental, seperti ibunda.id dan Into The Light Indonesia lebih marak. Kampanye dan pemberitaan pun menjadi lebih mudah dan marak dengan hadirnya penetrasi internet dan media sosial yang lebih tinggi dibandingkan dekade sebelumnya.
Image of page 1
Image of page 2

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 4 pages?

  • Summer '19
  • university student

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors