Kelompok 6 - Proposal penelitian.pptx - Menyusun Proposal Penelitian Fathur Amar Fauzan(123011901019 Raditya Budy Nugraha(123011901046 Sari

Kelompok 6 - Proposal penelitian.pptx - Menyusun Proposal...

This preview shows page 1 - 5 out of 20 pages.

Menyusun Proposal Penelitian Metodologi Penelitian Universitas Trisakti Fathur Amar Fauzan (123011901019) Raditya Budy Nugraha (123011901046) Sari Marlina (1230119010….) Unang W (1230119010….)
Image of page 1
KESENJANGAN PENELITIAN ( RESEARCH GAP ) Masalah dalam penelitian adalah pernyataan mengenai keterkaitan antara dua atau lebih variabel yang penemuan jawabannya dilakukan dengan melakukan bukti-bukti empirik. Masalah penelitian secara umum dapat diartikan sebagai suatu kesenjangan (gap) antara yang seharusnya dengan apa yang terjadi tentang sesuatu hal, atau antara kenyataan yang ada atau terjadi dengan yang seharusnya ada atau terjadi serta antara harapan dan kenyataan. Penelitian dimaksudkan untuk menutup kesenjangan. Kesenjangan masalah menimbulkan kebutuhan untuk menutupnya dengan mencari jawaban atas pertanyaan yang menimbulkan kesenjangan. Kegiatan menutup kesenjangan dilakukan dengan penelitian. Dengan kata lain, penelitian mencari suatu jawaban yang belum diketahui, memenuhi kebutuhan yang belum tersedia, dan menyediakan yang belum ada. Penelitian di harapkan dapat memecahkan masalah atau setidak-tidaknya memperkecil kesenjangan.
Image of page 2
PEMICU MASALAH PENELITIAN Masalah penelitian dapat timbul dari berbagai macam antara lain; Pengalaman pribadi, dedukasi dan teori, membaca buku, keadaan sosial politik dan situasi praktis. Pengalaman pribadi, yaitu dapat menjadi sumber masalah penelitian sangat baik, khususnya bagi peneliti pemula. Dedukasi dari teori pendidikan dan teori tingkah laku, juga merupakan sumber permasalahan yang baik. Membaca buku. Sumber permasalahan lainnya adalah membaca literatur yang menarik perhatian peneliti, menarik dapat dilihat dari segi keterkaitan dengan bidang keahliannya atau dengan isu-isu tersebut telah menjadi polemik di tengah- tengah masyarakat.
Image of page 3
MASALAH YANG BAIK UNTUK DITELITI Masalah yang baik untuk diteliti setidaknya mencakup hal hal dibawah ini: 1. Masalah yang tepat diteliti yaitu masalah yang dihadapkan pada suatu kebutuhan atau tantangan bagi peneliti. 2. Masalah mudah dirumuskan sehingga menjadi jelas batasannya, kedudukan dan alternatif cara pemecahannya. 3. Memiliki hipotesis yang jelas sebagai titik tolak dalam penelitian dan alternatif pemecahannya. 4. Mudah dalam pengumpulan data untuk menguji hipotesis. 5. Mudah dalam menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data dan dikembalikan pada jawaban hipotesis yang sudah dirumuskan.
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 20 pages?

  • Spring '14

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes