pajak kelompok 1.docx - PAPER PERPAJAKAN LANJUTAN 1 DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 Mitha(123011811056 2 Nuryatun(123011811041 3 Rohmah Ahdian Sari(123011811048

pajak kelompok 1.docx - PAPER PERPAJAKAN LANJUTAN 1 DISUSUN...

This preview shows page 1 - 5 out of 19 pages.

PAPER PERPAJAKAN LANJUTAN DISUSUN OLEH KELOMPOK 1 : 1. Mitha (123011811056) 2. Nuryatun (123011811041) 3. Rohmah Ahdian Sari (123011811048) 4. Puji Saraswati (123011811042)
Image of page 1
DAFTAR ISI A. Perusahaan Cabang B. Bentuk Usaha Tetap (BUT) C. Anak Perusahaan D. Kantor Perwakilan Usaha Lampiran - Lampiran
Image of page 2
A. Fenomena Perpajakan dan Perlakuan Akuntansi A. Definisi Perusahaan Cabang Dalam Akuntansi: Perusahaan Cabang adalah perusahaan yang merupakan unit atau bagian dari perusahaan induknya yang dapat berkedudukan ditempat yang berlainan dan dapat bersifat berdiri sendiri atau bertugas untuk melaksanakan sebagian tugas dari perusahaan induknya. Dalam Perpajakan: WP yang berstatus cabang adalah: a) WP Badan (perseroan terbatas, perseroan komanditer dan lain-lain) yang menjadi kantor cabang dari perusahaan pusat; b) tempat usaha ke-2 dan seterusnya dari WP Orang Pribadi Pengusaha Tertentu (OPPT). WP OPPT adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan kegiatan usaha sebagai pedagang pengecer yang mempunyai 1 (satu) atau lebih tempat usaha. B. Aspek Perpajakan Perusahaan Cabang Bagi perusahaan yang sudah memiliki cabang atau anak perusahaan, kegiatan yang dilakukan oleh cabang umumnya akan berdiri sendiri meskipun masih terkait dengan operasional kantor pusat. Semisal, cabang akan mempunyai customer sendiri sehingga bisa menjalankan transaksi jual beli, cabang akan mempunyai karyawan sendiri, ataupun transaksi-transaksi cabang lainnya yang didalamnya terdapat aspek perpajakan. Berikut ini Jenis Pajak Cabang Perusahaan? 1. Pajak Penghasilan Pasal 21 Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 dikenakan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu (OPPT) atau Wajib Pajak Badan, baik merupakan pusat maupun cabang, perwakilan atau unit dengan pertimbangan melakukan pembayaran gaji, upah, honorarium dan melakukan kegiatan pekerjaan atau jasa. Setiap cabang dari kegiatan usaha tersebut diwajibkan melakukan pembayaran dan pelaporan pajak atas penghasilan karyawan yang telah melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). 2. Pajak Penghasilan Pasal 22 Mengutip pada Peraturan Pajak Penghasilan Nomor 36 Tahun 2008, Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 adalah pemungutan pajak yang berkaitan dengan kegiatan perdagangan barang dengan melibatkan aktivitas ekspor dan impor. Bila perusahaan Anda bergerak di bidang perdagangan terutama barang yang dikategorikan mewah, maka akan dikenakan pajak ini dimana posisi Wajib Pajak adalah sebagai pemungut Pph Pasal 22. 3. Pajak Penghasilan Pasal 23 Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 mengatur pembayaran pajak atas penghasilan yang diperoleh dari modal (dividen, bunga, royalti), penyerahan jasa atau hadiah dan penghargaan. Untuk pajak cabang perusahaan, apabila pembayaran penghasilan
Image of page 3
dilakukan sendiri dan bukan oleh kantor pusat maka PPh Pasal 23 akan dipotong, disetorkan dan dilaporkan oleh juga cabang perusahaan tersebut.
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 19 pages?

  • Spring '14

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors