dlscrib.com_analisis-terhadap-pasal-uud-1945.pdf - ANALISIS...

  • No School
  • AA 1
  • 17

This preview shows page 1 - 3 out of 17 pages.

ANALISIS TERHADAP BAB DAN PASAL DI DALAM UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA (UUD NRI 1945) PENDAHULUAN Sejak reformasi digulirkan pada tahun 1998 , Undang-Undang Negara Republik Indonesia 1945 (UUD NRI 1945) telah mengalami empat kali amandemen. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini dan untuk memenuhi tugas mata kuliah politik hukum, penulis akan menganalisis seluruh bab dan pasal-pasal di dalam UUD NRI 1945. BAB I. BENTUK DAN KEDAULATAN Pasal 1 ayat (1) Berdasarkan pasal 1 ayat (1) dapat dianalisis bahwa bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan. Berbeda dengan negara federal, negara kesatuan bercirikan dengan kekuasaan pemerintah pusat yang menonjol. Ciri lainnya dari negara kesatuan ialah bahwa “kedaulatan tidak terbagi” atau dengan kata lain kekuasaan pemerintah pusat tidak dibatasi, karena konstitusi negara kesatuan tidak mengakui adanya badan legislatif lain, selain dari badan legislatif pusat. Selain itu, ada 2 ciri mutlak melekat pada suatu negara kesatua, yaitu : 1. Dekonsentrasi, adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat atau kepala wilayah atau kepala wilayah, kepala instansi, vertikal tingkat atasannya kepada pejabat-pejabat di daerah. 2. Desentralisasi, adalah penyerahan urusan pemerintah dari pemerintah pusat sebagai tingkat atasnya kepada daerah menjadi urusan rumah tangga daerah bersangkutan. Pasal 1 ayat (2) Berdasarkan pasal 1 ayat (2) dapat dianalisis bahwa Indonesia adalah negara yang demokratis, karena kedaulatan negara ada di tangan rakyat. Menurut J.J. Rousseau demokrasi adalah perwujudan nyata dari teori kedaulatan rakyat. Demokrasi sebagai wujud kedaulatan negara di tangan rakyat, maka negara memberi kekuasaan tertinggi kepada rakyat atau juga disebut pemerintahan dari 1
Image of page 1
rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi merupakan salah satu prinsip pengelolaan negara Republik Indonesia, disamping prinsip lainnya, yaitu theokrasi (negara berdasarkan ketuhanan), nomokrasi (negara berdasarkan hukum), dan ekokrasi (negara yang berkedaulatan lingkungan). Pasal 1 ayat (3) Berdasarkan pasal 1 ayat (3) dapat dianalisis bahwa Indonesia adalah negara hukum. Negara hukum adalah suatu negara yang menentukan cara bagaimana hak- hak asasi dilindungi. Dengan demikian negara hukum adalah suatu sistem yang wajar dalam negara demokrasi. Negara demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang akan menyalurkan kepentingan-kepentingan rakyat sebagai pernyataan dari hak asasinya. Antara prinsip demokrasi dan nomokrasi harus ada di dalam penyelenggaraan kenegaraan suatu negara, termasuk Indonesia. Demokrasi tanpa nomokrasi akan menghasilkan anarki, sedangkan nomokrasi tanpa demokrasi akan menghasilkan tirani. BAB II. MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT Pasal 2 ayat (1) Berdasarkan pasal 2 ayat (1) dapat dianalisis bahwa Indonesia menganut pembagian badan legislatif yang bersifat bikameral (dua kamar). Artinya, dengan amandemen yang telah dilakukan, saat ini keanggotaan Majelis Permuswaratan Rakyat (MPR) terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 17 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors