Filosofi Barang dan Jasa.pptx - KELOMPOK KELOMPOK 22 FILOSOFI FILOSOFI PERDAGANGAN PERDAGANGAN BADANG BADANG DAN DAN JASA JASA OLEH ANGGIE KENCANA PUTRI

Filosofi Barang dan Jasa.pptx - KELOMPOK KELOMPOK 22...

This preview shows page 1 - 5 out of 31 pages.

KELOMPOK 2 FILOSOFI PERDAGANGAN BADANG DAN JASA KELOMPOK 2 FILOSOFI PERDAGANGAN BADANG DAN JASA OLEH ANGGIE KENCANA PUTRI DYAH NOVIA NUGRAHENI AHMAD HAFIL PROGRAM MAGISTER AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI TAHUN AKADEMIK 2019/2020
Image of page 1
Penyerahan Barang dan Jasa Barang Kena Pajak Barang Kena Pajak (BKP) adalah barang terwujud yang menurut sifat atau hukumnya dapat berupa barang bergerak atau tidak bergerak dan barang tidak berwujud yang dikenakan pajak berdasarkan undang-undang PPN dan PPnBM. Dari uraian tsb bahwa Barang Kena Pajak dipersyaratkan: Barang berwujud atau barang tidak berwujud (Merek dagang, Hak Paten, Hak cipta, dll) Dikenakan pajak berdasarkan UU Pajak Pertambahan Nilai. Yang dimaksud dengan pengertian Penyerahan Barang Kena Pajak adalah: 1. Penyerahan hak atas Barang Kena Pajak karena suatu perjanjian 2. Pengalihan Barang Kena Pajak karena suatu perjanjian sewa beli dan/atau perjanjian sewa guna usaha (leasing). 3. Penyerahan Barang Kena pajak kepada pedagang perantara atau melalui juru lelang. 4. Pemakaian sendiri atau pemberian Cuma-Cuma atas Barang Kena Pajak. 5. Barang Kena Pajak berupa persediaan dan/aktiva yang menurut tujuan semula tidak diperjualbelikan, yang masih tersisa pada saat pembubaran perusahaan.
Image of page 2
Penyerahan Barang dan Jasa 6. Penyerahan Barang Kena Pajak dari pusat ke cabang atau sebaliknya dan/atau penyerahan Barang Kena Pajak antar Cabang. 7. Penyerahan Barang kena Pajak secara Konsinyasi, dan 8. Penyerahan Barang Kena Pajak oleh Pengusaha Kena Pajak dalam rangka perjanjian pembiayaan yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah, yang penyerahannya dianggap langsung dari Pengusaha Kena Pajak kepada Pihak yang membutuhkan Barang Kena Pajak. Yang tidak termasuk dalam pengertian penyerahan Barang Kena Pajak adalah : 9. Penyerahan Barang Kena Pajak kepada Makelar sebagaimana dimaksud dalam Kitab Undang- undang Hukum Dagang. 10. Penyerahan Barang Kena Pajak untuk jaminan piutang 11. Penyerahan Barang kena Pajak sebagaimana dimaksud pada angka 6 diatas, dalam hal pengusaha kena pajak melakukan pemusatan tempat pajak terutang.
Image of page 3
Penyerahan Barang dan Jasa 4. Pengalihan Barang Kena pajak dalam rangka penggabungan, peleburan, pemekaran, pemecahan dan pengambilalihan usaha, dengan syarat pihak yang melakukan pengalihan dan menerima pengalihan adalah Pengusaha Kena Pajak 5. Barang Kena Pajak berupa aktiva yang tujuan semua tidak untuk diperjualbelikan, yang masih tersisa pada saat pembubaran perusahaan, dan yang Pajak Masukan atas perolehannya tidak dapat dikreditkan sebagaimana dalam Pasal 9 ayat (8) hurub b dan huruf c. Penyerahan Jasa Kena Pajak Pengertian Jasa Kena Pajak (JKP) adalah setiap kegiatan pemberian JKP,termasuk JKP yang digunakan untuk kepentingan sendiri atau Jasa Kena Pajak yang diberikan secara Cuma-Cuma oleh Pengusaha Kena Pajak. Pemakaian JKP untuk kepentingan sendiri atau pemberian JKP secara Cuma-Cuma termasuk dalam pengertian penyerahan JKP, dengan pertimbangan untuk mempertahankan adanya perlakuan yang sama sebagaimana halnya pada pemakaian barang kena pajak untuk kepentingan sendiri atau penyerahan barang secara Cuma-Cuma oleh pengusaha kena pajak.
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 31 pages?

  • Fall '17

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture