KEL 6 PARASITOLOGI.pptx - VEKTOR PENYAKIT PENYEBAB PENYAKIT SAMPAR TUGAS PARASITOLOGI KELOMPOK 6 1 Ayu Maida Shofia(18334737 2 Imelda Martha Lena

KEL 6 PARASITOLOGI.pptx - VEKTOR PENYAKIT PENYEBAB PENYAKIT...

This preview shows page 1 - 4 out of 12 pages.

VEKTOR PENYAKIT PENYEBAB PENYAKIT SAMPAR ( TUGAS PARASITOLOGI ) KELOMPOK 6 : 1. Ayu Maida Shofia (18334737) 2. Imelda Martha Lena ( 17334043) 3. Irma Fransiska (18334704) 4. Nazmusafira Hanifa (18334748) 5. Vaska (18334724) 6. Vania Gan (17334052)
Image of page 1
LATAR BELAKANG Vektor adalah organisme yang tidak menyebabkan penyakit tetapi menyebarkannya dengan membawa patogen dari satu inang ke yang lain.Saat ini bnayak penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab penyakit bisa dibawa melalui hewan. Salah satu hewan pembawa penyakit dikarenakan merupakan vector dari suatu penyakit yaitu tikus. Tikus merupakan hewan yang membawa penyakit sampar atau yang lebih dikenal dengan PES. Penyakit pes merupakan salah satu penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang menyerang hewan rodensia tetapi dapat menular ke manusia melalui gigitan pinjal. Masyarakat awam kurang menyadari bahwa penyakit ini ada kemungkinan bisa diderita oleh manusia modern pada masa sekarang. Anggapan semacam ini perlu diperbaharui, karena sejarah telah membuktikan bahwa penyakit ini pernah menjadi wabah di berbagai belahan dunia serta telah menelan banyak korban yang meninggal akibat penyakit ini, dengan jumlah korban yang mencapai ribuan di setiap kasus wabah. Penyakit pes disebabkan oleh enterobakteria yang bernama Yersinia pestis, dan nama ini diambil dari nama seorang ahli bakteri berkebangsaan Prancis yaitu AJE Yersin. Bakteri ini disebarkan oleh sejenis hewan pengerat dan dalam banyak permukiman di berbagai negara di seluruh dunia. Tikus merupakan jenis hewan pengerat yang cukup akrab ditemui sebagai penyebab penyakit pes. Tikus terinfeksi Y. Pestis melalui gigitan pinjal. Y. Pestis menggunakan tubuh pinjal sebagai hospes.
Image of page 2
YERSINIA PESTIS Domain : Bakteri Phylum : Proteobacteria Ordo : Enterobacterials Famili : Enterobacteriacheae Genus : Yersinia Spesies : Yersinia Pestis Morfologi dan Habitatnya, Bakteri Yersinia pestis merupakan bakteri gram negatif yang dapat tumbuh dengan atau tanpa oksigen, dengan bentuk bipolar yang mencolok dengan pewarnaan khusus. Organisme ini tumbuh sebagai anaerob fakultatif, pertumbuhan bakteri ini lebih cepat bila berada pada media yang mengandung darah atau cairan jaringan bagian dalam dengan suhu cairan 300oC. sedangkan pada kultur darah suhunya 370oC. Bakteri ini menyebabkan penyakit yang menular dan dapat mengakibatkan kematian disebut juga sebagai penyakit pes (Marisa, 20017). Pes merupakan salah satu penyakit yang hebat dan sangat menular dengan angka kematian yang tinggi yang ditularkan lewat tikus (yang digigit pinjal yang terinfeksi). Pes disebut juga sebagai black death karena salah satu gejala penyakit ini adalah kehitaman pada ujung-ujung jari dan tingkat kematiannya yang tinggi. Yersinia pestis sebelumnya telah diklasifikasikan dalam keluarga Pasteurellaceae, namun berdasarkan kesamaan dengan Escherichia coli (E. coli), maka Yersinia grup reclassified sebagai anggota dari keluarga Enterobacteriaceae. Walaupun terdapat 11 nama spesies dalam genus Yersinia, hanya tiga patogen yang dianggap penting bagi manusia: Yersinia pestis Yersinia pseudotuberculosis Yersinia enterocolitica.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 12 pages?

  • Fall '16
  • Amarila Malik

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors