resume materi 12.docx - Resume 12 Kelompok 3 Efbrina Lorenzia(175030407111029 Ricardo(185030400111013 Annisa Nindita(185030401111018 A Pajak Atas Barang

resume materi 12.docx - Resume 12 Kelompok 3 Efbrina...

This preview shows page 1 - 3 out of 10 pages.

Resume 12 Kelompok 3 : Efbrina Lorenzia (175030407111029) Ricardo (185030400111013) Annisa Nindita (185030401111018) A. Pajak Atas Barang Pajak atas barang adalah jenis pajak dimana yang menjadi objek pajaknya adalah barang yang diperjual belikan. Pajak atas barang dibagi menjadi dua yakni Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Undang – undang yang mengatur pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) adalah Undang – undang Nomor 8 tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU No. 42 tahun 2009. Undang – undang ini disebut undang – undang Pajak Pertambahan Nilai. Pajak Pertambahan Nilai atau PPN adalah pungutan yang dibebankan atas transaksi jual-beli barang dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP). Jadi, yang berkewajiban memungut, menyetor dan melaporkan PPN adalah para Pedagang/Penjual. Namun, pihak yang berkewajiban membayar PPN adalah Konsumen Akhir. PPN sering ditemukan dalam kehidupan sehari – hari, kita bisa menemukan PPN pada lembaran struk belanja atau pembelian. Pada struk tersebut dapat menemukan tulisan PPN maupun dalam Bahasa Inggris yakni Value Added Tax (VAT) . Pajak Pertambahan Nilai dikenakan atas beberapa transaksi atau biasa disebut Objek PPN adalah: 1. Penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP) di dalam Daerah Pabean yang dilakukan oleh pengusaha 2. Impor Barang Kena Pajak 3. Pemanfaatan Barang Kena Pajak tidak berwujud dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean 4. Pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean di dalam Daerah Pabean 5. Ekspor Barang Kena Pajak berwujud atau tidak berwujud dan Ekspor Jasa Kena Pajak oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) Penentuan besaran tarif PPN diatur dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Secara garis besar, tarif PPN ditetapkan sebesar 10%. Tarif PPN yang dikenakan kepada pembeli akan tertulis jelas pada setiap bukti transaksi jual beli. Harga yang nantinya dibayar akan ditambah dengan jumlah PPN. Namun, jika dalam bukti transaksi
Image of page 1
tidak ada keterangan PPN pada struk, artinya total harga yang tertera sudah termasuk PPN. PPN mengikat pembeli dan penjual. PPN adalah kewajiban dari pembeli sehingga dibayarkan oleh pembeli itu sendiri. Namun, kewajiban pemungutan, penyetoran dan pelaporan PPN merupakan kewajiban penjual/Pengusaha Kena Pajak (PKP). Penjual/PKP kemudian melaporkan pemungutan PPN secara akumulatif ke Ditjen Pajak. Bukti pungutan PPN ini disebut dengan faktur pajak. Di dalam sebuah faktur pajak dicantumkan beberapa hal seperti, nama, alamat, barang atau jasa yang dibeli, NPWP, dll. Penjual wajib melaporkan faktur pajak paling lambat pada akhir bulan terjadinya transaksi.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 10 pages?

  • Spring '16
  • asdasd

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors