Generasi Pembaharu_ Pragmatisme dan Konsistensi Pembangunan oleh Endar Prasetio - Kompasiana.com.pdf - KATEGORI TERPOPULER TERBARU PILIHAN EDITOR TOPIK

Generasi Pembaharu_ Pragmatisme dan Konsistensi Pembangunan oleh Endar Prasetio - Kompasiana.com.pdf

This preview shows page 1 out of 1 page.

POLITIK Generasi Pembaharu: Pragmatisme dan Konsistensi Pembangunan Endar Prasetio FOLLOW Ordinary man... 28 Februari 2012 19:26 | Diperbarui: 25 Juni 2015 08:46 | 1 | 0 | 0 | Indonesia telah melalui perjalanan panjang menghadapi persoalan bangsanya sendiri, baik persoalan sosial , politik , ekonomi , bahkan peristiwa sejarah pun turut menjadi persoalan yang kontroversial. Ada anggapan bahwa manusia kini berhadapan dengan pola hidup yang semakin kompleks dengan beragam pilihan mengenai cara hidup dan bagaimana memperoleh pendapatan untuk membiayai kehidupannya di dunia yang fana ini. Sekilas kita teringat bagaimana perjuangan para pejuang kemerdekaan Indonesia pada jaman kolonial dengan rela berkorban demi kemerdekaan, baik jiwa dan raga yang telah gugur dalam pertempuran bahkan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup dari berbagai aspek mendasar yang pada saat ini sangat mudah didapatkan, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi serta sandang dan papan. Seiring berjalannya waktu setiap orang justru malah sudah tidak lagi mengingat bahkan melupakan bagaimana menjadi warga negara yang peduli kepada Negaranya sendiri juga sikap sosial yang humanis seakan terkubur bersama gugurnya para pejuang kemerdekaan tempo dulu. Ini yang sangat disayangkan jika generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan demi kemakmuran bangsa dan kesejahteraan rakyatnya justru malah banyak tidak peduli dengan situasi dan kondisi bangsa saat ini, dimana dapat kita lihat kasus- kasus yang merugikan negara, pelanggaran HAM, bahkan ancaman terhadap keadilan dan keamanan masyarakat seperti perkosaan, pencurian, perampokan dan narkotika. Mengapa sebuah negeri yang besar layaknya Indonesia ini dengan sumber daya alam yang melimpah dan tanahnya yang subur tidak digunakan sebesar- besarnya bagi kesejahteraan sosial masyarakat, bukan hanya untuk memenuhi kas negara yang pada akhirnya hanya bisa mengimpor barang-barang kebutuhan masyarakat atau membiayai investasi yang hanya bisa dinikmati oleh oknum-oknum tertentu. Begitulah gambaran kelabu dari sisi terang perjalanan bangsa ini, yaitu kepada orang-orang hanya melihat dunia ini secara serampangan (baca: semaunya saja) kemudian bersenang-senang diatas penderitaan orang lain bahkan sama sekali enggan menafsirkan Pancasila sebagai ideologi, sistem ±lsafat dan sumber etika juga yang sebagai landasan negara Indonesia. Generasi pembaharu adalah generasi yang mampu melakukan perubahan secara konsisten sesuai dengan amanah Pancasila dan UUD 1945 demi kemakmuran bangsa dan Negara. Lalu bagaimana generasi pembaharu itu ada, apakah mereka dilahirkan atau dididik berdisiplin agar memiliki budi yang luhur. Anggapan yang keliru adalah jika kita
Image of page 1

You've reached the end of your free preview.

Want to read the whole page?

  • Spring '13
  • student

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors