MATERIALISME PEMBANGUNAN VERSUS HUMANISASI PEMBANGUNAN _ Agus Subagyo's Blog.pdf - Home Penelitian Buku Tentang Saya Agus Subagyo's Blog Ilmu Politik

MATERIALISME PEMBANGUNAN VERSUS HUMANISASI PEMBANGUNAN _ Agus Subagyo's Blog.pdf

This preview shows page 1 out of 1 page.

Blog at WordPress.com. Blog at WordPress.com. Home Penelitian Buku Tentang Saya Rate This ← OLDER POST NEWER POST → MATERIALISME PEMBANGUNAN VERSUS HUMANISASIPEMBANGUNAN Posted on January 20, 2015 by Agussubagyo1978 Oleh : Dr. Agus Subagyo, S.IP, M.Si Kata pembangunan merupakan sebuah konsep yang sangat familiar di Indonesia, khususnya pada masa Orde Baru. Ketika itu, pembangunan selalu di identikan dengan sesuatu yang sifatnya materiel seperti pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional dan besarnya cadangan devisa. Atas nama pembangunan, negara melakukan tindakan represif terhdap kekuatan-kekuatan politik oposisi yang mengancam kekuasaan penguasa. Penciptaan stabilitas politik-keamanan dan pembentukan unit kekuatan politik tunggal-dominan yang berasal dari tiga pilar – ABRI, Birokrasi, dan Golkar – diformulasikan dan diimplementasikan dalam kerangka demi keberhasilan pembangunan. Pembangunan telah menjadi ideologi (ideology of development) sehingga sulit untuk mengidentifikasi pembangunan sebagai sebuah alat (means) dan pembangunan sebagai suatu tujuan (goals). Namun, yang jelas paket pembangunan yang diterapkan oleh rezim Orde Baru selama lebih dari tiga daswarsa ini telah menimbulkan ketimpangan, kemiskinan, dan pengangguran disegala sektor kehidupan. Klimaksnya adalah terjadinya krisis ekonomi pada pertengahan tahun 1997 yang telah menjalar pada krisis politik yang ditandai dengan berakhirnya kepemimpinan Soeharto. Ironisnya, meskipun sampai saat ini telah berganti pemimpin tiga kali – masa kepemimpinan Habibie, Abdurachman Wahid, hingga masa awal pemerintahan Megawati – krisis pun belum berakhir. Krisis ekonomi yang meluluhlantakan fundamental perekonomian Indonesia membuktikan adanya “something wrong” dalam merumuskan dan mengimplementasikan konsep pembangunan. Mungkin saja ini disebabkan oleh minimalnya atau terbatasnya pemahaman akan konsep pembangunan dan kekaburan dalam mengukur keberhasilan pembangunan. Pembangunan yang Value- Loaded Sebagai sebuah konsep yang muncul dan menguat pada era pasca perang Dunia II, pembangunan bukanlah konsep yang bebas nilai (value free). Pembangunan adalah suatu konsep yang sarat nilai (value loaded). Artinya, pembangunan terkait dengan apa yang dianggap baik dan buruk menurut pengalaman sejarah suatu bangsa. Karena itu, pembangunan memiliki dua karakteristik. Pertama, karakteristik culture specific. Artinya, pembangunan dapat didefinisikan secara berbeda oleh dua negara yang lingkungan kulturalnya berlaianan. Misalnya, pembangunan menurut Myanmar yang ingin mewujudkan “road to socialism of Mayanmar” dengan cara membatasi hubungannya dengan negara lain dan cenderung berorientasi kedalam. Ini berbeda sekali dengan pembangunan menurut Singapura yang ingin mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar-besarnya dengan cara membuka pintu selebar-lebarnya bagi investsi asing.
Image of page 1

You've reached the end of your free preview.

Want to read the whole page?

  • Spring '13
  • student

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors