BAB III Pembahasan.docx - BAB III PEMBAHASAN A Profil...

This preview shows page 1 - 4 out of 26 pages.

BAB III PEMBAHASAN A. Profil PT.SPTR PT SPTR adalah nama samaran dari objek penelitian yang dibahas dalam karya tulis ini . Direksi dari Perusahaan yang merupakan Objek Penelitian dalam karya tulis ini mengamanatkan agar Penulis menyamarkan nama asli dari PT SPTR . Walaupun begitu penulis diizinkan untuk memberikan gambaran profil dan bidang usaha dari PT SPTR. PT.SPTR berlokasi di suatu daerah di jakarta barat dimana workshop,kantor dan pabrik tempat PT SPTR membuat produk mereka berada di suatu daerah di Jakarta Barat. Didirikan pada tahun 1993 dan memiliki 180 karyawan, PT.SPTR bergerak dalam bidang konstruksi fasilitas misalnya gudang,infrastruktur kendaraan umum dan jembatan penyebrangan. Selain dalam bidang konstruksi PT.SPTR juga bergerak dalam bidang usaha manufaktur berbagai macam pintu,rak maupun lemari besi baik untuk komersial maupun industri misalnya pintu besi,pintu kedap suara,locker,rak perpustakaan sampai pintu anti radiasi. PT.SPTR juga memproduksi panel interior menggunakan teknologi Laser Cutting . Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan bagi konsumen. 24
Image of page 1
25 B. Keikutsertaan PT.SPTR dalam Program Pengampunan Pajak PT SPTR memutuskan untuk memanfaatkan Program Pengampunan pajak yang digulirkan oleh pemerintah Pada Periode 2 Pengampunan Pajak (Oktober – Desember 2016 ) sehingga atas uang tebusan di kenai Tarif 3 Persen. PT.SPTR mengikuti program ini dengan tujuan untuk mengakui harta yang ternyata belum dilaporkan dalam SPT tahunan yang lalu u1ntuk menghindari konsekuensi Perpajakan yang mungkin akan muncul apabila PT.SPTR tidak mengikuti program Pengampunan Pajak yang digulirkan oleh pemerintah ini. Hasil observasi penulis mengindikasikan sebenarnya PT.SPTR secara umum sudah memiliki itikad baik dalam rangka memenuhi kewajiban perpajakan yang menjadi tanggung jawab PT.SPTR selaku Wajib Pajak. Begitu pula dengan kewajiban melaporkan harta dalam SPT tahunan, PT.SPTR sudah melakukan kewajibanya secara rutin. Harta yang dilaporkan dalam SPT tahunan terakhir yang dilaporkan oleh PT SPTR dapat kita lihat dalam lampiran di bagian akhir karya tulis ini. Namun, pada kenyataanya ternyata masih ditemukan harta yang ternyata masih belum dilaporkan dalam SPT Tahunan Terakhir. Harta yang ternyata masih belum dilaporkan tersebut berupa sebuah mesin pabrik yang dibeli pada 2005. Mesin tersebut sudah dipakai selama kurang lebih 10 tahun dan telah memproduksi banyak barang dagangan. Dan
Image of page 2
26 saat ini kondisi mesin tersebut telah menurun secara signifikan. Dan secara akuntansi mesin tersebut sudah habis pakai. Penulis menemukan bahwa mesin tersebut benar belum dilaporkan dalam SPT Tahunan yang telah dilaporkan. Maka, Mesin tersebut secara Undang-Undang memang layak untuk diakui dalam program Pengampunan Pajak.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 26 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors