3. Materi Etika Profesi dan Tata kelola korporat level.docx - ETIKA PROFESI DAN TATA KELOLA KORPORAT(ETHICS AND CORPORATE GOVERNANCE 3 SKS Tujuan

3. Materi Etika Profesi dan Tata kelola korporat level.docx...

This preview shows page 1 - 3 out of 11 pages.

ETIKA PROFESI DAN TATA KELOLA KORPORAT ( ETHICS AND CORPORATE GOVERNANCE ) 3 SKS Tujuan Pembelajaran Tujuan yang ingin dicapai dari mata ajaran ini adalah agar peserta ujian memiliki kompetensi sebagai berikut: 1. Memahami konsep etika bisnis dan etika profesi akuntan profesional. 2. Mengidentifikasikan isu-isu etika individu dan organisasi. 3. Mengevaluasi iklim etika organisasi. 4. Mengambil keputusan secara etis. 5. Menjalankan perannya sebagai akuntan profesional untuk menegakkan tata kelola yang baik. 6. Memahami prinsip-prinsip tata kelola korporat yang berlaku global. 7. Memahami manfaat dari praktek tata kelola korporat yang baik 8. Menganalisis dan mengevaluasi praktik tata kelola korporat. 9. Memahami prinsip-prinsip tanggung jawab sosial dan lingkungan korporat yang berlaku global. 10. Menganalisis dan mengevaluasi praktik tanggung jawab sosial dan lingkungan korporat. 11. Memberikan rekomendasi perbaikan tata kelola dan tanggung jawab korporat. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian ( soft kill ) adalah: Deskripsi Pengembangan kerterampilan teknis Ada Pengembangan keterampilan analitikal dan integratif Ada Pengembangan keterampilan mengelola waktu Ada Pengembangan keterampilan menulis Ada Pengembangan keterampulan komunikasi (communication skill) Ada Pengembangan keterampilan kerjasama kelompok Ada Pengembangan kepemimpinan Ada Ada Metode Pembelajaran Metode pembelajaran adalah berdasarkan active learning, dengan peran dosen terutama fasilitator. Perkuliahan di kelas adalah dalam bentuk: 1. Ceramah: Dosen menyampaikan ide-ide pokok dari suatu topik pembelajaran. 2. Diskusi kelas: Dengan difasilitasi dosen, peserta berdiskusi dengan peer-nya. Proses diskusi di awali dengan ceramah singkat dari fasilitator. 3. Pembahasan Kasus: Peserta mendiskusikan kasus yang ditugaskan dengan dipandu dosen. 4. Presentasi kelompok: Anggota kelompok menyampaikan hasil tugas mereka untuk kemudian di diskusikan bersama. Metode pembelajaran pada pertemuan pertamaadalah dalam bentuk ceramah dan dsikusi kelas, sedangkan untuk pertemuan lainya metode pembelajaran adalah sebagai berikut: Sesi pertama (kurng lebih 75 menit) merupakan diskusi kelas diselingi ceramah dan sesi kedua (kurang lebih 75 menit) merupakan pembahasan kasus atau presentasi kelompok serta diskusi kelas.
Image of page 1
Bahan bacaan untuk kasus sebagian diberikan oleh progam sedangkan peserta diharapkan mencari bahan bacaan tambahan yang relevan. Agar diskusi berjalan dengan efektif maka peserta harus sudah mempelajari bahan bacaan sebelum perkuliahan. Pembahasan kasus perusahaan mencakup kasus yang terkait dengan etika (5 kasus) dan tata kelola (3 kasus). Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok secara bergiliran akan menyajikan hasil penilaian mereka terhadap implementasi salah satu prinsip OECD atas suatu perusahaan terbuka di indonesia.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Fall '17

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture