anggikkkk.pdf - 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Sejarah Perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk PT Telekomunikasi Indonesia Tbk(PT Telkom adalah perusahaan

anggikkkk.pdf - 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Sejarah Perusahaan...

This preview shows page 1 - 4 out of 13 pages.

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Sejarah Perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (PT. Telkom). adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. PT. Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya(3,23%) oleh investor dalam negeri. PT. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Beberapa Sejarah perkembangan PT. Telkom dari masa ke masa, adalah sebagai berikut: 1. Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan ''Post Telegraaf Telefoon'' (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 Oktober 1856, dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg). 2. Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi '''Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi''' (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi '''Perusahaan Negara Pos dan Giro''' (PN Pos & Giro) dan '''Perusahaan Negara Telekomunikasi''' (PN Telekomunikasi).
Image of page 1
2 3. Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi '''Perusahaan Umum Telekomunikasi''' (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi. 4. Pada tahun 1991, Perumtel berubah bentuk menjadi '''Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia''' berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991. 5. Pada tanggal 14 November 1995, dilakukan Penawaran Umum Perdana saham PT. Telkom. Sejak itu saham PT. Telkom tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham Telkom juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo. 6. Tahun 1999, ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia.
Image of page 2
3 7. Tahun 2001, PT. Telkom membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara Telkom dan Indosat.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 13 pages?

  • Fall '18
  • pak mujid

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture